PEMBERITAAN TGUPP PEMERINTAHAN GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN DALAM FRAMING METROTVNEWS.COM DAN VIVA.CO.ID

Donna Alvita Ellora, Lasmery R.M. Girsang

Abstract


ABSTRACT

After his inauguration, DKI Jakarta Governor Anies Baswedan requested the draft Governor Team for Acceleration of Development (TGUPP). One of them is the financing of TGUPP allocated in the 2018 RAPBD. This fund rose significantly from Rp 2.3 billion to 28.5 billion. The reason for the increase in funds was an increase in members from the original 15 people to 74 people. This news has become a trending topic where many media discuss this, including metrotvnews.com and viva.co.id. This study aims to describe the differences in framing carried out by the following online media regarding the reporting of TGUPP in the government of DKI Jakarta Governor Anies Baswedan . This study uses qualitative research methods and framing analysis techniques Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki. Based on the model, the units announced are syntactic, script, thematic and rhetorical structures. The paradigm used in this study is a constructivist paradigm which sees that construction is created through the construction carried out by the media. The results of the study were carried out by framing analysis on metrotvnews.com and viva.co.id. Metrotvnews.com further discusses the reporting of the contra against the TGUPP Anies application, while viva.co.id gives more support or pro for Anies. Keywords: Framing, Pan & Kosicki, metrotvnews.com, viva.co.id, TGUPP.

ABSTRAK

Pasca pelantikannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan rancangan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Salah satunya dengan pembiayaan TGUPP yang dialokasikan dalam RAPBD 2018. Dana tersebut naik signifikan dari Rp 2,3 miliar menjadi 28,5 miliar. Alasan kenaikan dana yaitu adanya penambahan anggota dari yang semula 15 orang menjadi 74 orang. Pemberitaan ini sempat menjadi trending topic di mana banyak media yang menyoroti persoalan tersebut, termasuk metrotvnews.com dan viva.co.id.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan framing yang dilakukan oleh keduamedia online tersebut mengenai pemberitaan TGUPP pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Berdasarkan model tersebut, unit yang diteliti adalah struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis yang melihat bahwa realitas tercipta lewat konstruksi yang dilakukan oleh media. Hasil penelitian yang dilakukan dengan analisis framing pada metrotvnews.com dan viva.co.id menunjukkan adanya perbedaan dalam membingkai suatu berita. Metrotvnews.com lebih menonjolkan pemberitaan yang kontra terhadap usulan TGUPP Anies, sedangkan viva.co.id lebih memberikan dukungan atau pro kepada Anies. Kata kunci: Framing, Pan & Kosicki, metrotvnews.com, viva.co.id, TGUPP.


Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Bungin, Burhan. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Eriyanto.2002. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS. Fiske, John. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika. McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika. Moloeng, Lexy J. 2004.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. 2008. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Pambayun, Ellys Lestari. 2013. Qualitative Research Methodology In Communication: Konsep, Panduan, dan Aplikasi.Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia. Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS. Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia. ____________________. 2018. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia. Ruslan, Rosady. 2013. Metode Penelitian: Public Relation & Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Saebani, Beni Ahmad. 2017. Pedoman Aplikatif Metode Penelitian dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi.Bandung: CV Pustaka Setia. Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Suhandang, Kustadi. 2004. Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk dan Kode Etik. Bandung: Nuansa Cendikia. Sumadiria, AS Haris. 2010. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia. Wendratama, Engelbertus. 2017. Jurnalisme Online. Yogyakarta: Bentang Pustaka. Widarmanto, Tjahjono. 2017. Pengantar Jurnalistik: Panduan Awal Penulis dan Jurnalis. Yogyakarta: Araska. Sumber Website: www.viva.co.id/berita/metro/979847-anies-tak-mau-tim-gubernur-digaji-swasta (diakses pada 30 April 2018, pukul 17.39) m.metrotvnews.com/news/metro/0kpnVjWN-dasar-tudingan-tgupp-era-ahok-dibiayai-swasta-dipertanyakan (diakses pada 30 April 2018, pukul 17.52)

www.viva.co.id/berita/metro/980077-beda-tgupp-zaman-ahok-dan-anies (diakses pada 30 April 2018, pukul 17.12) m.metrotvnews.com/news/metro/ybDM0xPk-beda-tgupp-era-ahok-dan-anies (diakses pada 30 April 2018, pukul 17.13)

www.viva.co.id/berita/metro/980935-sandiaga-tgupp-bukan-penamapungan-tim-sukses(diakses pada 30 April 2018, pukul 17.27) m.metrotvnews.com/news/metro/4ba7m23K-sandi-bantah-tgupp-tempat-penampungan-tim-sukses(diakses pada 30 April 2018, pukul 18.02)

www.alexa.com/siteinfo (diakses pada 30 Mei 2018, pukul 21.50)

https://megapolitan.kompas.com/read/2017/11/30/16503751/anies-anggota-tgupp-digaji-sesuai-kualifikasi (diakses pada 30 Mei 2018, pukul 22.02)




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i2.1713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id