FENOMENA MEIKARTA SEBAGAI SIMBOL MODERNITAS (STUDI SEMIOTIKA PEMASARAN OSWALD DALAM IKLAN KOTA MEIKARTA)
Abstract
ABSTRAK
Pemerintah terus berupaya mengatasi masalah defisit rumah (backlog). Presiden Joko Widodo bahkan mengatakan Pemerintah ingin mengurangi backlog yang saat ini berada di posisi 11,4 juta unit.Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan membangun hunian di daerah pinggiran Jakarta. Oleh karena itu, pemerintah daerah dapat menjalin kerja sama dengan pengembang untuk pembentukan kawasan baru. Salah satu developer terkemuka yaitu PT Lippo Karawaci Tbk memperkenalkan Proyek Meikarta dianggap selain mampu membantu pemerintah mengatasi backlog. Salah satu bentuk promosi kota Meikarta adalah dengan iklan Kota Meikarta yang kerapkali muncul di stasiun televisi.
Penelitian ini ingin melihat bagaimana konstruksi realtias sosial dalam iklan Kota Meikarta. Iklan ini menggunakan semiotika pemasaran Oswald untuk melihat simbol modernitas dalam iklan berdurasi 1 menit.
Dari hasil penelitian, terlihat bahwa penggambaran Kota Meikarta sebagai simbol Modernitas terlihat dari kehidupan yang terstandar, kecanggihan teknologi yang akan memberikan kepraktisan hidup bagi para warganya.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Iklan, Semiotika Pemasaran
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ardianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Bungin, B. 2001. Metode Penelitian Kualitatif .Jakarta : Raja Grafindo Persada
Budiman, Kris. 2005. Ikonisitas: Semiotika Sastra Dan Seni Visual. Yogyakarta: Buku Baik.
Daymon, C., & Holloway, I. (2008). Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications. Yogyakarta: Bentang.
Denzin, N. K, & Lincoln, Y. S. 1994. Handbook of Qualitative Research. California: Sage Publications, Inc.
Duncan, T. (2005). Principles of Advertising & IMC. New York: The Mc Graw Hill.
Hall, Stuart. (2003). Representation : Cultural Representation and Signifying Practices. London : Sage Publication
Iorio, S.H. (2004). Qualitative Research in Journalism: Taking It To The Streets. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Moriarty, dkk. (2011). Advertising. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Morissan, P. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Oswald, Laura R. (2012). Marketing Semiotics : Signs, Strategies, and Brand Value. United States : Oxford University Press
Razaq, A dan Ispantoro. (2011). The Magic of Movie Editing. Jakarta : Media Kita
Ruslan, R. (2006). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosda.
Suyanto, Bagong, and Sutinah. (2007). Metode Penelitian Sosial: Bebagai Alternatif Pengamatan. Jakarta: Kencana Persada Media Group.
Jurnal
Pujiyanto. (2003). Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Periklanan. Nirmana, Vol (5), No 1. Universitas Kristen Petra
Internet
http://biz.kompas.com/read/2017/09/21/170600828/kurangi-backlog-perumahan-meikarta-sejalan-dengan-program-pemerintah- diakses pada 15 Oktober 2017
https://tirto.id/jorjoran-promo-miliaran-rupiah-proyek-meikarta-cuZH diakses pada 15 Oktober 2017
http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/16097/16089 diakses pada 15 Oktober 2017
http://meikartaindonesia.com/index.php/pt-mahkota-sentosa-utama/ diakses pada 8 Januari 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i1.1546
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher
Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2, North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id