REPRESENTASI IDEOLOGI REPUBLIKA MELALUI WACANA BERITA KONTESTAN POLITIK PILKADA DKI JAKARTA 2017 PUTARAN KEDUA

Sukma Alam

Abstract


ABSTRAK

 

Media massa cenderung dijadikan alat provokasi untuk memanasi situasi dinamika politik. Tak sedikit media memberikan pendidikan politik yang seharusnya membuat masyarakat khususnya pemilih menjadi cerdas dan kritis. Fenomena ini yang terjadi ini di Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua yang di mana terdapat dua kandidat, yakni Ahok sebagai petahana dan Anies sebagai penantang. Harian Republika salah satu media yang memberitakan kontestan politik petahana versus penantang dan memiliki ideologi Islam. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana Republika dari segi ideologi memberitakan Ahok dan Anies di Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua. Metode penelitian adalah analisis wacana kritis. Penelitian ini menunjukan bahwa Anies Baswedan sebagai penantang direpresentasikan anti-tesis dari petahana, image ini kemudian ditampilkan sosok pemimpin yang santun, tidak memaki-maki di depan publik, dan dekat dengan umat Islam. Sementara, Ahok sebagai petahana direpresentasikan pemimpin penistaan agama Islam.

Kata kunci: Ideologi Media, Berita Politik, Komunikasi Politik, dan Analisis Wacana Kritis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Eriyanto. 2002, Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta. PT. LKIS Pelangi Aksara.

----------. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta. PT. LKIS Pelangi Aksara.

Hamad, Ibnu. 2010. Komunikasi sebagai Wacana. Jakarta: La Tofi Enterpise.

Rusadi, Udi. 2015. Kajian Media: Isu Ideologis dalam Prespektif, Teori dan Metode. Depok. Rajagafindo Persada.

Shoemaker, Pamela J dan Resee, Stephen D. 1996. Mediting Message. New York. Longman Publisher.

Jurnal

Ibnu Hamad. Konstruksi Realitas Politik Dalam Media Massa (Studi Pesan Politik Dalam Media Cetak Pada Masa Pemilu 1999). Makara, Sosial Humaniora, vol. 8, no. 1, april 2004.

Zein Mufarrih Muktaf dan Fajar Junaedi. Pertarungan Wacana dalam Representasi Identitas Keistimewaan Yogyakarta dalam Iklan Politik Luar Ruang Pemilu 2014. Dipublikasikan di Post-Graduate Roundtable Presentation 2014 Universitas Airlangga Surabaya.

Koran

Republika: Anies ke Makam, Ahok Sidang. 7 Maret 2017.

Republika: Sandi Yakin Pengaruh Lulung. 14 Maret 2017.

Republika: Djarot Pesan DPT ke Relawan. 14 Maret 2017.

Republika: Tanda Tangan Anies Dipalsuka. 20 Maret 2017.

Republika: PAN Deklarasikan Dukungan. 23 Maret 2017.

Republika: PPP Dinilai Kesampingkan Asas. 30 Maret 2017.

Republika: Panglima TNI Korban Hoaks. 3 April 2017.

Republika: “Pemasangan Spanduk Syariat Terorganisasi”. 4 April 2017.

Republika: Siap Menang Siap Kalah. 19 April 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i1.1545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id