KOMODIFIKASI HALAL PADA IKLAN (SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE TERHADAP IKLAN “FRESHCARE” MINYAK ANGIN AROMATHERAPY)

Shinta Fitria Wulandari, Yuliana Rakhmawati

Abstract


ABSTRAK

.

Penelitian ini berjudul Komodifikasi Halal pada Iklan di Televisi (Studi Semiotik Charles Sanders Pierce pada Iklan FreshCare Minyak Angin Aromatherapy). Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan makna tanda halal pada iklan FreshCare Minyak Angin Aromatherapy dan mengetahui proses komodifikasi halal pada iklan FreshCare Minyak Angin Aromatherapy. Latar belakang penelitian ini dimana saat ini semakin berkembangnya iklan di televisi yang mengatasnamakan agama untuk menarik perhatian konsumen, salah satunya dengan penggunaan kata halal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian semiotik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yang mana iklan di dapat dari youtube. Teori Semiotik Charles Sanders Pierce menjelaskan tentang objek-objek yang menyerupainya dengan keberadaannya yang memiliki hubungan sebab-akibat dengan tanda-tanda. Dengan menggunakan segitiga makna atau triangel of meaning meliputi object , reference, dan interpretant. Penulis akan mengamati dari ketiga unsur tersebut dan menghubungkan ke dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah tanda-tanda yang terdapat dalam iklan FreshCare Minyak Angin Aromatherapy merupakan suatu komodifikasi talent yang mana pada analisis terdapat talent yang digunakan untuk memaparkan makna halal tersebut. Dengan talent yang menggunakan gaya busana yang islami, selaian itu adanya logo halal pada produk juga merupakan komodifikasi yang diciptakan pada iklan. Komodifikasi halal yang terdapat pada iklan FreshCare Minyak Angin Aromatherapy melibatkan bagian penting yaitu pakaian yang digunakan talent, setting iklan, label halal dan bahan-bahan yang digunakan dalam iklan untuk mengkomodifikasikan bahwa iklan FreshCare Minyak Angin Aromatherapy merupakan produk obat halal dikonsumsi untuk konsumen.

Kata Kunci : Semiotik, Iklan FreshCare Minyak Angin Aromatherapy, Halal, Komodifikasi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Budiman. (2011). Semiotika Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Bungin, B. (2001). Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Burhanuddin. (2011). Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen & Sertifikasi Halal. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Halim, S. (2013). Postkomodifikasi Media : Analisis Media Televisi dengan Teori Kritis dan Cultural Studies. Yogyakarta: Jalasutra.

Kriyantono, R. (2009). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Liliweri, A. (1992). Dasar-dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

M.Suyanto. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televivi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: ANDI.

Mosco, V. (1996). The Political Economy of Communication. SAGE Publication.

Tantri, Thamrin Abdullah dan Francis. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i1.1544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id