ANALISIS RESEPSI PEMBACA TRIBUNNEWS.COM DARI KALANGAN MAHASISWA/I UNIVERSITAS INDONESIA TERHADAP INSIDEN “KARTU KUNING” KETUA BEM UI
Abstract
ABSTRAK
Kebebasan masyarakat Indonesia dalam memberikan saran, aspirasi maupun kritikan kepada pemerintah di era reformasi seperti sekarang ini sudah lebih mudah dibandingkan era sebelumnya. Kebebasan tersebut dapat dilihat dari suatu insiden yang terjadi dimana seorang mahasiswa melakukan aksi interupsi kepada Presiden Joko Widodo yang lebih dikenal dengan sebutan insiden “kartu kuning”. Aksi tersebut kemudian ramai diberitakan oleh berbagai media di Indonesia. Banyaknya media yang memberitakan juga turut berpengaruh pada bagaimana perpektif dari berbagai kalangan masyarakat. Karena itulah dalam penelitian ini, peneliti akan membahas bagaimana pemaknaan masyarakat terkait insiden ini dengan melakukan analisis resepsi. Analisis resepsi sendiri membahas mengenai khalayak yang aktif dalam mempersepsi pesan dan memproduksi makna sesuai dengan latar belakang mereka masing-masing.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana khalayak memaknai pesan dari teks media yang ditawarkan. Media yang dipilih untuk dilihat pemaknaan khalayak mengenai insiden “kartu kuning” Ketua BEM UI adalah portal berita Tribunnews.com dimana Tribunnews.com merupakan portal berita yang paling banyak diakses menurut Alexa.com sebagai penyedia data traffic web. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Data diperoleh melalui wawancara terhadap informan dari Universitas Indonesia sendiri yaitu mahasiswa/i Universitas Indonesia. Hasil penelitian didapatkan bahwa informan tersebar dalam tiga posisi khalayak yang mengacu pada teori penerimaan audiens Stuart Hall bahwa analisis resepsi khalayak terbagi menjadi tiga posisi pemaknaan yaitu dominant-hegemonic reading, negotiated reading dan oppositional reading.
Kata Kunci : Resepsi, Insiden “kartu kuning”, portal berita Tribunnews.com
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ardianto, Elvianaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekataman Media
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Baran, Stanley J. 2008. Pengantar Komunikasi Massa: Media Melek & Budaya. Jakarta: Penerbit Erlangga
Bungin, Burhan. 2013. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group
Dedy N. Hidayat. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik, Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia
Hapsari, Sulistyani. 2006. Analisis Resepsi Pelatihan Metodologi Penelitian. Semarang: Undip
Littlejohn, Stephen & Foss, Karen. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa Edisi 6 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika
Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.
Morrison, M.A. 2010. Teori Komunikasi Massa: Media, Budaya, dan Masyarakat. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
M.Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia
Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Salim, Agus. 2006. Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
West, Richard & Turner, Lynn. 2017. Pengantar Teori Komunikasi (Analisis dan Aplikasi) Edisi 5 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika
Jurnal
Arifin, Pupung. 2013. Persaingan Tujuh Portal Berita Online Indonesia berdasarkan Analisis Uses and Gratifications. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.10, No. 2 Universitas Indonesia.
Hadi, Prijana Ido. 2009. Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Reception Analysis. Jurnal Ilmiah Scriptura, Vol. 3, No. 1 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kriten Petra.
Suryani, Ani. 2013. Analisis Resepsi Penonton Atas Popularitas Instan Video Youtube “Keong Racun” Sinta dan Jojo. The Messenger, Volume V, Nomor 1, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Semarang.
Thesis :
Rachdian, Rizky. 2012. Indonesia, Nasionalisme dan Iklan (Analisis Resepsi Terhadap 3 Iklan Televisi Dengan Tema Ke-Indonesiaan). Universitas Indonesia.
Website :
www.tribunnews.com
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i1.1543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher
Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2, North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id