PUBLIC HEALTH SERVICE ADVERTISEMENT (PHSA); SEMIOTIC ANALYSIS
Abstract
ABSTRAK
Iklan layanan kesehatan masyarakat (ILKM) cenderung bertujuan untuk memberikan informasi, mengingatkan, menambah nilai, memengaruhi, dan bahkan mengubah sikap masyarakat untuk hidup sehat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana gaya bahasa, makna, dan ideologi iklan layanan kesehatan masyarakat (ILKM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; Gaya bahasa Iklan Layanan Kesehatan Masyarakat (ILKM), secara diksi atau pilihan kata yang digunakan cenderung bersifat tak resmi, bentuknya umum, singkat dan dapat dipahami oleh masyarakat terpelajar biasa. Dilihat dari sudut nada, narasi teks memiliki gaya bahasa sederhana, biasanya cocok untuk memberi instruksi, perintah, pelajaran, perkuliahan, dan sejenisnya. Dari sisi makna, secara semiotik pemaknaan muncul dari hubungan antara penanda (signifier) dan petanda (signified) atau pemaknaan konotasi. Ideologi yang melatarbelakangi bersumber pada konotasi yang dihasilkan. Penyampaian secara imperatif dan pemakaian simbol, warna, latar temperatur (tanda) misalnya, termometer. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ILKM berkenaan dengan kebersihan, kesehatan, kewaspadaan, kehati-hatian, kepedulian, kebersamaan, perencanaan, kesejahteraan, dan kebahagiaan.
Kata kunci: ILKM, gaya bahasa,makna, ideologi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Barthes, Roland. 2004. Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Barthes, Roland. 2007. Petualangan Semiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Barthes, Roland. 1998. Semiology and Mytology.
Diunduh tanggal 10 Mei 2017 dari id.scribd.com/document/74782034/Teori-Semiotika-Roland-Barthes
Eco, Umberto. 1979 [1976]. A Theory of Semiotics, Bloomington: Indiana University Press
Eco, Umberto. 1990. The Limits of Interpretation, Indiana University Press, Bloomington and Indianapolis.
Keraf, Gorys. 1991. Gaya Bahasa Retoris dan Kiasan.
Diunduh tanggal 25 Mei 2017 dari najmadewie.blogspot.com/2012/10/gaya-bahasa-retoris-dan-kiasan.html .
Liliweri, Alo. 1992. Dasar-dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Saussure, Ferdinand de. 1993. Pengantar Linguistik Umum. Diterjemahan oleh Gajah Mada University Press dari buku “Cours de Linguistique Generale”, Yogyakarta
www.pps.unud.ac.id/thesis/pdf_thesis/unud-959-1652938396-bab ii.pdf
www.scribd.com/.../Sistem-Tanda-Semiotika-Teks-Dan-Teori-Kode
www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-iklan-layanan-masyarakat.html
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i1.1541
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher
Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2, North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id