STEREOTIP TERORISME DALAM FILM TRAITOR

Rahimah Rahimah, Lalita Hanief, Muhammad Alif

Abstract


Sejak peristiwa pengeboman menara kembar world trade center pada 11 september 2001, dan disusul dengan aksi-aksi teror lain diseluruh dunia, kemudian media massa mengkonstruksi bahwa terorisme dikaitkan dengan islam dan jihad, salah satunya melalui film. Menimbulkan reaksi dan opini terhadap ajaran dan simbol agama islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menginterpretasikan tanda-tanda yang dapat membangun stereotip terorisme yang berkaitan dengan islam, menggunakan studi Analisis Semiotika Model Charles Sander Pierce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi serta dokumentasi dan kepustakaan. Objek penelitian ini adalah fim Traitor yang dianalisis menggunakan semiotik model Charles Sanders Peirce. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teori sebagai validasi keabsahan data yaitu teori konstruksi realitas dan teori agenda setting. Hasil penelitian dengan analisis Semiotika Peirce, film Traitor berdasarkan ground, object dan interpretant, menunjukkan penggambaran stereotip terorisme yang berkaitan dengan islam, bahwa pemahaman jihad di interpretasikan sebagai tindak kekerasan, adanya penggunaan tanda dan simbol agama islam, memunculkan stereotip bahwa jika ada individu atau kelompok yang sering menggunakan tanda dan simbol yang sama dengan tokoh di film adalah orang yang kerap kali melakukan tindak kekerasan yang identik dengan radikalisme dan terorisme, dilihat dari teori agenda setting, media massa menyebar dan membentuk propaganda bahwa islam adalah agama yang mengajarkan kekerasan. Film ini mengandung pesan bahwa stereotip terorisme terkait agama tertentu itu salah. Penelitian ini berguna untuk bahan referensi kajian film dari segi makna di balik tanda mengenai stereotip terorisme.


Kata kunci: Stereotip, Terorisme, Film.


Full Text:

PDF

References


Buku:

Ardianto dkk, (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arubusman, Muhyiddin, (2006). Terorisme di Tengah Arus Global Demokrasi, Jakarta: Spectrum

Bungin, Burhan, (2001). Imaji Media Massa Konstruksi dan Makna Realitas Sosial Iklan Televisi Dalam Masyarakat Kapitalistik, Yogyakarta: Jendela.

Bungin, Burhan, (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Tekonologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana

Bungin, Burhan, (2008). Konstruksi Sosial Media Massa, Jakarta: Kencana

Cangara, Hafied, (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers

Effendy, Onong Uchjana, (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT Citra Aditya Bakti

Emzir, (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Jakarta: Rajawali Pers

Gerungan, W.A, (1991). Psikologi Sosial, Bandung: PT Eresco Bandung

Lukmantoro, Triyono. (2016). Menikmati Budaya layar, Membaca Film. Teori-teori film: Sekedar Pengantar Awal. Yogyakarta: Litera

Moloeng, Lexy J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda.

Nurudin, (2007). Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Rajawali Pers.

Peterson, dkk, (2004). Media massa dan Masyarakat Modern, Jakarta: Kencana

Rakhmat, Jalaluddin, (2009). Psikologi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Republik Indonesia, (1992). Undang-Undang Nomor 8 tentang Perfilman

Republik Indonesia, (2009). Undang-Undang Nomor 33 tentang Perfilman

Rohimin, (2006) Jihad Makna dan Hikmah, Jakarta: Erlangga

Sobur, Alex (2006). Semiotika Komunikasi Massa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sobur, Alex (2012). Analisis Teks Media, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumardi, (2012). Metodologi Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers

Winarso, Heru Puji, (2005). Sosiologi Komunikasi Massa, Malang: Prestasi Pustaka Publisher

Wiryanto. (2010). Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Grasindo

Penelitian ilmiah-Tesis:

Anshar, Wahyuda. (2014). Analisis Semiotika Iklan Yamaha Jupiter MX Versi Valentino Rossi di Televisi Untuk Memperkuat Ekuitas Merek. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Rahmi, Nur Aina. (2013). Analisis SemiotikaFilm Lingkungan Pada Film Kartun Doraemon Nobita and The Legend Of Green Giant. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Shafarani,

Annisa. (2015). Representasi Terorisme Dalam Komik 5 Pesan Damai Karangan Vbi_Djenggotan. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Sinaga, br Novita Wulandari. (2016). Kontruksi Makna Kecantikan Perempuan dalam Iklan Televisi. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Taqiya,Hani. (2011). Analisis Semiotik Terhadap Film In The Name of God. Skripsi. Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yugyasmono. (2010). Televisi Indonesia di Mata Sukribo Analisis Komik Sukribo di Harian Kompas dengan Pendekatan Semiotika Peirce. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Referensi Internet:

www.bbc.co.uk/indonesian/news/story. Maret, 22, 2016

www.liputan6.com/tag/bom-sarinah. Maret, 22, 2016

www.bbcindonesia.com. Maret, 22, 2016.

www.republika.co.id. Desember, 7, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v11i2.1168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id