MENGENAL UI/UX: KOLABORASI KREATIVITAS DAN TEKNOLOGI DALAM DESAIN MOBILE INTERFACE

Yemima Monica Geasela, Merryana Lestari, Bhustomy Hakim, Michelle Mei Diana Chandra, Albert Wendy

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bertema “Pendalaman UI/UX Desain pada Mobile Interfaces” dilaksanakan di SMA Candle Tree pada tanggal 14 Februari, 28 Februari, dan 14 Maret 2025 dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam merancang antarmuka aplikasi mobile yang efektif, estetis, dan fungsional. Pelatihan ini dibagi menjadi tiga sesi dengan fokus materi berbeda, yaitu pengenalan teori dasar UI/UX, demonstrasi penggunaan aplikasi desain Figma, serta praktik membuat prototipe antarmuka sederhana. Metode pelaksanaan meliputi ceramah interaktif, demonstrasi langsung, dan latihan praktik, yang memungkinkan peserta memperoleh panduan langkah demi langkah mulai dari prinsip desain, pemilihan tipografi, komposisi warna, pengaturan layout, hingga pembuatan wireframe dan prototipe interaktif. Selama proses pembelajaran, peserta didorong untuk berkolaborasi dan mengembangkan ide desain berdasarkan studi kasus yang relevan, sehingga mampu menghasilkan karya yang sesuai dengan kaidah UI/UX modern. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui kuesioner dengan empat indikator utama, yaitu Edukatif, Objektif, Akuntabel, dan Transparan, yang seluruhnya memperoleh skor rata-rata tinggi, dengan nilai tertinggi pada aspek Transparansi (3,90) yang mencerminkan kejelasan penyampaian dan keterbukaan informasi. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman konsep desain dan keterampilan teknis peserta dalam menggunakan Figma. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap pengembangan keterampilan digital dan kreativitas siswa, serta diharapkan menjadi dasar bagi pelaksanaan program lanjutan dengan cakupan materi lebih luas untuk memperkuat kompetensi generasi muda di era transformasi digital

Keywords


UI/UX, Figma, Desain Antarmuka, Mobile Interface, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M. H. (2022). Perancangan Ui/Ux Semarang Virtual Tourism Dengan Figma. Walisongo Journal of Information Technology, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079

Andry, J. F., Bernanda, D. Y., Lee, F. S., Deny, D., Mastan, I. A., & Geasela, Y. M. (2021). Etika Berbelanja Online Di Era Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 5(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v5i2.2982

Andry, J. F., Wijaya, A., Bernanda, D. Y., Geasela, Y. M., Yusup, C. R., Chandra, J. C., & Alexandre, J. (2023). Kebijakan Keamanan Teknologi Informasi Pada Perangkat Keras Di Perusahaan Distributor Sepatu. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 7(2), 118–133. https://doi.org/10.30813/jpk.v7i2.4775

Budiyantara, A., Nababan, A. J., Owen, B., Andry, J. F., Lee, F. S., & Azhari, O. (2024). Analisis IT Policy pada Ujian Berbasis ONLINE di SMK S SPES PATRIAE. JBASE-Journal of …, 7(1), 58–66. https://journal.ubm.ac.id/index.php/jbase/article/view/5624%0Ahttps://journal.ubm.ac.id/index.php/jbase/article/viewFile/5624/2928

Dwi Setiawan, E., & Raharjo, M. (2023). Jurnal Informatika Terpadu. Jurnal Informatika Terpadu, 9(1), 34–39. https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT

Febyla, N., & Zubaidi, A. (2022). Analisis Dan Perbaikan Tampilan Sistem Informasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Berbasis Website Menggunakan Figma. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 3(2), 273–284. https://doi.org/10.29303/jbegati.v3i2.821

Felix, A., Sutrisno, J., Bernanda, D. Y., Makarawung, R. J. N., Kembau, A. S., & Hong, K. (2025). Literasi Digital Dan Kewirausahaan: Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Tantangan Bisnis Digital. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 9(1), 65–74. https://doi.org/10.30813/jpk.v9i1.8245

Herlina, E. (2022). Bentuk dan Sifat Pengabdian Masyarakat yang Diterapkan oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122–130. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127

Junaedi, Maranto, A. rdian., Hermawan, A., & Wijaya, A. H. (2025). Peningkatan keterampilan desain grafis siswa SMK melalui pelatihan berbasis proyek menggunakan platform Canva: Pendekatan pengabdian kepada masyarakat. Abdi Dharma, 5(1), 129–138. https://doi.org/10.31253/ad.v5i1.3641

Mawarseh, Soleh Fajari, M., Taufik Syastra, M., Novarini, R., Karim Harahap, A., Khaerullah, A., Kurniawan, R., Maulid, E., Irfayanti, Y., Sutrisno, & Kurnia Wijayanti, E. (2022). Become A UI/UX Designer, Learn The Skills & Get a Great Job. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 1125–1128.

Muhiddah, A., Novia, L., Noni, N., Mahmud, R., Selviyani, S., Bahasa Inggris, P., & Bahasa dan Sastra, F. (2025). Pelatihan Pembuatan Modul Digital Interaktif dengan Menggunakan Figma di SMK Telkom Makassar Training on Making Interactive Digital Modules Using Figma at SMK Telkom Makassar. BAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 59–69.

Muttaqin, A. R., Wibawa, A., & Nabila, K. (2021). Inovasi Digital untuk Masyarakat yang Lebih Cerdas 5.0: Analisis Tren Teknologi Informasi dan Prospek Masa Depan. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 1(12), 880–886. https://doi.org/10.17977/um068v1i122021p880-886




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v9i2.9058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.