SABUN ORGANIK DARI LIMBAH KULIT KERANG DAN RUMPUT LAUT: SOLUSI RAMAH LINGKUNGAN

Amelda Shafara, Finanda Aprilia Sk Putri, Imro’atus Sholekah, Wachidatun Nur Aliyah, Adhi Nugroho Susanto, Faisol Faisol

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terhadap pemanfaatan limbah kulit kerang dan rumput laut sebagai bahan dasar pembuatan sabun alami yang ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan edukatif yang dirumuskan dalam metode SEKK (Seminar, E-Katalog, dan Konten Kreatif). Sampel penelitian adalah 105 mahasiswa Prodi Akuntansi UNP Kediri. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan SEKK efektif dalam meningkatkan pemahaman, literasi digital, serta minat mahasiswa terhadap pengelolaan limbah. 81,9% menyatakan seminar meningkatkan pemahaman, 83,8% menilai e-katalog meningkatkan literasi digital, dan 87,6% menyatakan konten kreatif efektif secara visual

Keywords


limbah kulit kerang, rumput laut, sabun alami, edukasi, SEKK

Full Text:

PDF

References


Aminah, A., Hamsinah, H., Abiwi, N. A., & Anggo, S. (2020). Potensi ekstrak rumput laut (Eucheuma cottonii) sebagai antioksidan. As-Syifaa: Jurnal Farmasi, 12(1), 36–41.

DeVito, J. A. (2007). Komunikasi antar manusia. Karisma Publishing Group.

Dewi, A., Muslikhah, H., Hafidhoh, N., & Arimbi, R. (2024). Seminar komunikasi efektif karyawan CV. Kreasi Pisang Indonesia. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 55–63.

Elkington, J. (1997). Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Capstone Publishing.

Geissdoerfer, M., Savaget, P., Bocken, N. M. P., & Hultink, E. J. (2017). The circular economy – A new sustainability paradigm? Journal of Cleaner Production, 143, 757–768. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.12.048

Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley.

Hardiyantari, O. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan teknik dinamis pada mata pelajaran produktif teknik komputer dan jaringan untuk siswa SMK kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 45–58.

Lovandri, D. P., & Ishartiwi, I. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 12–24.

Mardiana, R., Arisma, R., Lidyawati, L., & Ceriana, R. (2022). The utilization of oyster shell waste (Crassostrea gigas) as an abrasive material in the formulation of scrub for removing dead skin cells. Serambi Journal of Agricultural Technology (SJAT), 4(2), 74–83.

Miller, R. (2019). The role of interpersonal and group communication in the context of education. Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan, 1(2), 99–112.

Mulyana, D. (2008). Psikologi komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Pusparini, P. A., Hartoyo, H., & Simanjuntak, M. (2024). Predicting consumer purchase intention through e-catalogue: A theory of planned behavior approach. Jurnal Ilmu Konsumen dan Teknologi, 12(1), 35–49.

Purvis, B., Mao, Y., & Robinson, D. (2019). Three pillars of sustainability: in search of conceptual origins. Sustainability Science, 14(3), 681–695. https://doi.org/10.1007/s11625-018-0627-5

Purwati, N., Wahyudi, T., Syukron, A., & Muningsih, E. (2024). Digitalisasi produk BUMDes berbasis e-katalog sebagai strategi promosi yang berdaya saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 5174–5181. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.12345

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 12–24.

Sanyoto, S. E. (2006). Metode perancangan komunikasi visual periklanan. Dimensi Press.

Sinaga, M., Achiriah, A., & Ismail, I. (2023). Meningkatkan literasi informasi melalui optimalisasi pengelolaan taman bacaan masyarakat. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 922–930.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsono, J. P., & Nurahman, D. (2024). Pemanfaatan YouTube sebagai media peningkatan pelayanan dan informasi. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 298–304.

Widhi, A. B. (n.d.). Efektivitas layanan e-catalogue oleh Direktorat Pasar Digital Pengadaan pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) [Skripsi tidak diterbitkan]. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Zulfa, N. R., & Rahmadianto, S. A. (2021). Perancangan konten kreatif berbasis multimedia untuk meningkatkan awareness Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung melalui media sosial Instagram. Sainsbertek: Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 2(1), 144–158.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v9i2.9057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.