SABUN ORGANIK DARI LIMBAH KULIT KERANG DAN RUMPUT LAUT: SOLUSI RAMAH LINGKUNGAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, A., Hamsinah, H., Abiwi, N. A., & Anggo, S. (2020). Potensi ekstrak rumput laut (Eucheuma cottonii) sebagai antioksidan. As-Syifaa: Jurnal Farmasi, 12(1), 36–41.
DeVito, J. A. (2007). Komunikasi antar manusia. Karisma Publishing Group.
Dewi, A., Muslikhah, H., Hafidhoh, N., & Arimbi, R. (2024). Seminar komunikasi efektif karyawan CV. Kreasi Pisang Indonesia. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 55–63.
Elkington, J. (1997). Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Capstone Publishing.
Geissdoerfer, M., Savaget, P., Bocken, N. M. P., & Hultink, E. J. (2017). The circular economy – A new sustainability paradigm? Journal of Cleaner Production, 143, 757–768. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.12.048
Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley.
Hardiyantari, O. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan teknik dinamis pada mata pelajaran produktif teknik komputer dan jaringan untuk siswa SMK kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 45–58.
Lovandri, D. P., & Ishartiwi, I. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 12–24.
Mardiana, R., Arisma, R., Lidyawati, L., & Ceriana, R. (2022). The utilization of oyster shell waste (Crassostrea gigas) as an abrasive material in the formulation of scrub for removing dead skin cells. Serambi Journal of Agricultural Technology (SJAT), 4(2), 74–83.
Miller, R. (2019). The role of interpersonal and group communication in the context of education. Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan, 1(2), 99–112.
Mulyana, D. (2008). Psikologi komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Pusparini, P. A., Hartoyo, H., & Simanjuntak, M. (2024). Predicting consumer purchase intention through e-catalogue: A theory of planned behavior approach. Jurnal Ilmu Konsumen dan Teknologi, 12(1), 35–49.
Purvis, B., Mao, Y., & Robinson, D. (2019). Three pillars of sustainability: in search of conceptual origins. Sustainability Science, 14(3), 681–695. https://doi.org/10.1007/s11625-018-0627-5
Purwati, N., Wahyudi, T., Syukron, A., & Muningsih, E. (2024). Digitalisasi produk BUMDes berbasis e-katalog sebagai strategi promosi yang berdaya saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 5174–5181. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.12345
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 12–24.
Sanyoto, S. E. (2006). Metode perancangan komunikasi visual periklanan. Dimensi Press.
Sinaga, M., Achiriah, A., & Ismail, I. (2023). Meningkatkan literasi informasi melalui optimalisasi pengelolaan taman bacaan masyarakat. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 922–930.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsono, J. P., & Nurahman, D. (2024). Pemanfaatan YouTube sebagai media peningkatan pelayanan dan informasi. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 298–304.
Widhi, A. B. (n.d.). Efektivitas layanan e-catalogue oleh Direktorat Pasar Digital Pengadaan pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) [Skripsi tidak diterbitkan]. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.
Zulfa, N. R., & Rahmadianto, S. A. (2021). Perancangan konten kreatif berbasis multimedia untuk meningkatkan awareness Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung melalui media sosial Instagram. Sainsbertek: Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 2(1), 144–158.
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v9i2.9057
Refbacks
- There are currently no refbacks.