Pelatihan Pembuatan & Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Bagi Guru

Andi Nurannisa Syam, Rosmini Rosmini, Syarif Rizalia, Sukmawati Sukmawati, Endang Wuriani

Abstract


This Community Service (CS) activity aims to: 1) interpret the competencies possessed by South Konawe MIN 2 teachers in making Student Worksheets (LKPD) so far; 2) increase the ability of South Konawe MIN 2 teachers in designing scientific literacy-based LKPD; and 3) train MIN 2 South Konawe teachers to apply scientific literacy-based LKPD in learning activities. All MIN 2 South Konawe teachers were the target participants for this PkM, which took place on October 7 and 8, 2023. This PkM uses the Community-Based Participatory Research (CBPR) method. The results of the PkM show that: 1) South Konawe MIN 2 teachers do not yet have good competence in making LKPD based on scientific literacy, so ongoing training is needed to maximize this competency, as evidenced by the competency in deepening scientific literacy material by 25% and competence in deepening LKPD material. amounting to 41.91%; 2) South Konawe MIN 2 teachers have successfully created scientific literacy-based LKPD through training and mentoring, as evidenced by the link https://bit.ly/ANS1-PkM-Litapdimas-2023; 3) These teachers have successfully implemented scientific literacy-based LKPD in learning activities through training and mentoring, as evidenced by the link https://bit.ly/ANS2-PkM-Litapdimas-2023.


Keywords


LKPD, Scientific Literacy, Teacher

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.

Adnan, K., Amran, M., Patta, R., & Mujahidah, M. (2020). PKM Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Bagi Guru SD di Kabupaten Bone. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat “Peluang Dan Tantangan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Inovatif Di Era Kebiasaan Baru,” 1013–1016. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/18506

AKMI Madrasah. (2021). Rakor HD Kabupaten/Kota - Persiapan AKMI Tahun 2021. Diakses pada Tanggal 28 Maret 2023 di https://www.youtube.com/watch?v=7X_goVPWmac

(2022). Literasi Sains AKMI. Diakses pada Tanggal 28 Maret 2023 di https://www.youtube.com/watch?v=t7K1adnrN8I

Danial, M., & Sanusi, W. (2020). Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis investigasi bagi guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 9).

Fananta, M. R., Widjiasih, A. E., Setiawan, R., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., Akbari, Q. S., & Ayomi, J. M. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. In L. A. Mayani (Ed.), Gerakan Literasi Nasional: Materi Pendukung Literasi Sains. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku- literasi-sains/

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 40-55.

Irwandi, I. (2020). Strategi Pembelajaran Biologi (Lesson Study, Literasi Sains, dan Blended Learning) (A. Budiman (ed.); I). Pustaka Reka Cipta.

Kadeni, K., & Santoso, E. (2022). Pelatihan Membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bagi Guru Sekolah Dasar. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 01(02), 223–230. https://journals.eduped.org/index.php/income/index

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Mustaqim, F. (2022). Implementasi Gerakan Literasi (Baca Tulis, Digital, dan Finansial) di SDIT Ukhuwah Banjarmasin.

Nana, M. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Penerbit Lakeisha

Nanang, E. (2014). Identifikasi kemampuan siswa dalam pembelajaran biologi ditinjau dari aspek-aspek literasi sains. In Seminar Nasional Pendidikan Sains IV 2014. Sebelas Maret University.

Nugraheny, D. C. (2018). Penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis life skills untuk meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Visipena, 9(1), 94-114.

OECD. (2019). PISA 2018 results. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018- results.htm

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23-33.

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di sekolah, dari teori ke praktik. Nilacakra. Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504-515.

Suherman, S., Elniati, S., Aziz, S. Al, & Rusyda, N. A. (2021). Program Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Pembuatan LKPD Berbasis Geogebra Classroom pada Guru SMA Kabupaten Mentawai untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa. Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(3), 109–113.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.

Susiani, S. (2017). Validitas Dan Efektivitas Lks Berbasis Literasi Sains Pada Materi Tumbuhan Untuk Siswa Kelas X (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Guepedia.

Vashti, T. A., Hairida, H., & Hadi, L. (2020). Deskripsi kemampuan literasi sains siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. EduChem, 1(2).

Wirdani, R., Lazulva, L., & Octarya, Z. (2019). Desain Dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Materi Koloid. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry), 1(2), 56-63.

Wulansari, D., Surbakti, A., & Darsono, D. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Kelas V. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(16).

Yulandari, Y., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Handout Tematik Berbasis Model Inkuiri di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1418-1426.

https://min2konsel.sch.id/gtk/, diakses pada tanggal 29 maret 2023 https://min2konsel.sch.id/profil-kepala-madrasah/, diakses pada tanggal 29 maret 2023

https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/BE0D6063-D954-4F89-9687-AFFB4E66219A, diakses pada tanggal 29 maret 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v8i1.5310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.