KAJIAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN GO-FOOD DI DKI JAKARTA, DENGAN TINJAUAN PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN

Sepriliani Rosanda Dewi, Ignatius Ario Sumbogo, Ignatius Ario Sumbogo, Ignatius Ario Sumbogo

Abstract


ABSTRACT:

This study is structured in order to determine the effect of promotion mix and service quality on increasing customer satisfaction of Go-Food. The unit of analysis observed was Go-Food consumers in the DKI Jakarta area. This study uses a quantitative descriptive approach with data collection techniques is a survey technique using a questionnaire instrument to 206 respondents,  distributed through the google form. Data analysis method uses multiple linear regression with SPSS software ver. 24. The results of the analysis show that the promotion mix has a significant effect on consumer satisfaction, service quality has a significant effect on customer satisfaction, while the promotion mix and service quality simultaneously have a significant effect on customer satisfaction. In the analysis of indicators known, Go-Food must further improve the quality of service to consumers and also increase promotion on social media platforms.

 

Keywords: promotion mix, service quality, customer satisfaction.

 


Full Text:

PDF

References


Arif. (2017). “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Transportasi Ojek Online Go-jek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Usu)”. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 20 No.5.

Avin, R (2018) “Promo Go-food Melimpah Di Hari Kuliner Nasional”. [online]. Diakses pada 16 Maret 2018 dari https://halallifestyle.id/finance/promo-go-food-melimpah-di-hari-kuliner-nasional.

Dianti. (2017). “Pengaruh Harga, Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunan Jasa Angkutan Gojek Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Uin Syarif Hidayatullah Jakarta”. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 17 No. 2.

Eka, R. (2017) “Beberapa Insight Menarik iprice tentang Bisnis E-commerce Indonesia”. [online]. Diakses pada 15 Maret 2018 dari https://dailysocial.id/post/beberapa-insight-menarik-iprice-tentang-bisnis-e-commerce-indonesia/.

Hamid, S. (2018) “Ekonomi Digital di Indonesia: Raksasa Asia Tenggara”. [online]. Diakses pada 15 Maret 2018 dari https://investigasi.tempo.co/193/ekonomi-digital-di-indonesia-raksasa-asia-tenggara

Hartatik. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfication Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pengguna Go-jek Di Kota Semarang)”. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 8 No. 4.

Indriantoro, N dan Supomo, B. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Khusaini, A. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Konsumen di SPA Club Arena Yogyakarta. Skripsi Prodi Ilmu Keolahragaan, UNY.

Kotler, P and Amstrong. (2012). Bauran Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P and Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, K.N. (2010). Marketing Research. 6th Edition. USA: Prentice Hall, Inc.

Michael N. Lontoh. (2016). “Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada PT. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean Manado”. Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Vol 16 No. 1.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Priyanto, D. (2009). Mandiri Belajar Dengan Program SPSS. Jakarta Selatan: Penerbit Buku Kita

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulaiman, (2012) Pengaruh Bauran Promosi (Promotional Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Sophie Martin Bussines Centre Rina Sari Dewi Pekanbaru. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sunyoto, D. (2011). Metodologi Penelitian Ekonomi. Cet. 1. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, C. (2012). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

_______. (2011). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Gava media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.