PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN HOTEL BERBINTANG DI BALI
Abstract
Organizational citizenship behavior (OCB) merupakan salah satu bentuk perilaku prososial yaitu perilaku sosial yang positif, konstruktif dan membantu. OCB ini tercermin melalui perilaku suka menolong orang lain, menjadi volunteer untuk tugas-tugas ekstra, patuh terhadap aturan-aturan dan prosedur-prosedur di tempat kerja. Perilaku tersebut akan muncul bila karyawan merasakan kepuasan dalam bekerja dan memiliki komitmen terhadap organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior karyawan hotel berbintang di Bali secara parsial dan simultan. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner dengan menggunakan 100 responden dan dianalisis dengan menggunakan amalisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior karyawan. Berdasarkan uji determinasi ditemukan bahwa sumbangan variable kepuasan kerja dan komitmen organisasi sebesar 80,4 persen.
Kata kunci: Kepuasan kerja, komitmen organisasi, OCB
ABSTRACT:
Organizational citizenship behavior (OCB) is one form of prosocial behavior that is positive social behavior, constructive and helpful. This OCB is reflected through the behavior of helping others, volunteering for extra tasks, obeying the rules and procedures at work. Such behavior will arise when employees feel satisfaction in work and have a commitment to the organization. This study aims to determine the effect of job satisfaction and organizational commitment to the organizational citizenship behavior of star hotel employees in Bali partially and simultaneously. The research data was collected through questionnaire using 100 respondents and analyzed by using multiple regression analysis. The results showed that job satisfaction and organizational commitment partially or simultaneously have a positive and significant effect on organizational citizenship behavior of employees. Based on test of determination found that contribution of job satisfaction variable and organizational commitment equal to 80,4 percent.
Keywords: Job satisfaction, organizational commitment, OCB
Full Text:
PDFReferences
Andriani, G., Djalali, A.M., & Sofiah, D. 2012. Organizational Citizenship Behaviordan Kepuasan Kerja Pada Karyawan. Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 341-154.
Bolon, Douglas S, 1997. Organizational citizenship behavior among hospital employees: A multidimensional Analysis Involving Job Satisfaction and Organization Commitment, Hospital & Health Services Administration; Summer 1997; 42, 2; ABI/INFORM Research pg. 221
Darmawati, Hidayati, dan Herlina. 2013. Pengaruh Kepuasan kerja, Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Economia 9,1: 10-17.
Kurniawan, Albert. 2015. Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) PT X Bandung. Jurnal Manajemen 15, 1: 95-118.
Luthans, Fred. 2006. Perilaku organisasi, Edisi sepuluh, Penerbit ANDI Yogyakarta
Mohamed, M Sheik, dan H Anisa. 2012. Relationship Between Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behavior. IUP Journal of Organizational Behavior XI, 3: 7-22.
Muranaka, Andi Shigemi.2012. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap OCB pada karyawan BPR Dana Niaga Mandiri Makassar. Skrpsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hassanudin.
Purba, Debora Eflina dan Ali Nina Liche Seniati. 2004. Pengaruh Kepribadian dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior. Makara, Sosial Humaniora 8, 3: 105-111
Ribke Widyanto, Jennie Suhandono Lau, Endo Wijaya Kartika. 2013. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) melalui Komitmen Organisasional karyawan Cleaning Service di ISS Surabaya . (http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/199, diakses 14 Pebruari 2017).
Robbins dan Judge .2008.Perilaku Organisasi Buku 1 cetakan 12. Jakrta: Salemba Empat
Sambung, Robby. 2011. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap OCB-I dan OCB-O dengan dukungan organisasi sebagai variabel moderating (Studi pada Universitas Palangkaraya). Analisis Manajemen Vol. 5 No. 2 Desember 2011 (online) (https://www.google.co.id/search?q=+Pengaruh++Kepuasan+Kerja+terhadap+OCB-I+dan+OCB-O+dengan+dukungan+organisasi+sebagai+variabel+moderating+(Studi+pada++Universitas+Palangkaraya).+Analisis+Manajemen+Vol.+5+No.+2+Desember+2011&hl=id&authuser=0) diakses 12 Desember 2016
Saputra, Andrew Adi, Liemdra hendro Yono, dan Laksmi Sito Dwi Irvianti. 2013. Analisis Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior di PT Prima Graphia Digital. Binus Business Riview 4, 2: 897-903.
Shore, L., Wayne, S.J. 1993. Commitment and employee behavior: comparison of affective commitment and continuance commitment with perceived organizational support, Journal of Applied Psychology, Vol. 78 No.5, pp.774-80
Simamora, Henry.2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi ketiga. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN
Sopiah. 2008 Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA, CV.
Wahyuningsih. 2009. Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Arum%20Darmawati,%20SE.,MM./Pengaruh%20Komitmen%20dan%20Kepuasan%20Kerja%20thd%20OCB.pdf, diakses 10 Februari 2017)
Yoon, Mahn. Hee, Suh, Jaebeom. 2003. Organizational citizenship behaviors and service quality as external effectiveness of contact employees, Journal of Business Research 56 (2003) 597– 611
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1209
Refbacks
- There are currently no refbacks.