PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP KEPADA LINGKUNGAN TERHADAP NIAT MENGINAP DI HOTEL RAMAH LINGKUNGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengetahuan dan sikap kepada lingkungan terhadap niat menginap di hotel ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan 90 responden menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Responden merupakan wisatawan yang mengetahui tentang hotel ramah lingkungan. Data dianalisis menggunakan metode statistik regresi linear berganda, selanjutnya data diolah menggunakan bantuan software IBM SPSS statistic 20. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menginap di hotel ramah lingkungan, (2) Sikap kepada lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menginap di hotel ramah lingkungan, (3) Pengetahuan dan sikap kepada lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap niat menginap di hotel ramah lingkungan.
Kata kunci: pengetahuan, sikap, niat menginap, hotel ramah lingkungan
ABSTRACT
This research aims to describe the influence knowledge and attitude to the environment intention stay at eco- friendly hotel. The study taken from a sample of 90 the touristst who know about eco-friendly hotel. The data were analyzed using statistic method multiple linear regression then processed with software IBM SPSS 20. The result show (1) Knowledge have an effect on positive significant intention of stay at eco friendly hotel, (2) Attitude to the environment have an effect positive significant intention of stay at eco- friendly hotel, (3) Knowledge and attitude to the environment have an effect intention of stay at eco-friendly hotel.
Keywords: knowledge, attitude, intention of stay, eco-friendly hotel.
Full Text:
PDFReferences
Aman, A. H. L., Harun, A., & Hussein, Z. (2012). The influence of environmental knowledge and concern on green purchase intention the role of attitude as a mediating variable. British Journal of Art and Social Sciences, 7 (2), 145 – 167
Engel, J.F. et.al., 1994, Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Penerbit : Binarupa Aksara, Jakarta. Penerbit : Erlangga, Jakarta
Ferdinand, Agusty. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang
Ghozali,I. 2005. Aplikasi :Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro
Haryadi, Rudi. 2009. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix. Program Magister Manajemen. Universitas Diponegoro, Semarang
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2007. Manajemen PT Indeks.. Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta
Lin, Nan Hong and Bih Sya Lin. 2007. The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Management Studies 1 (13): 121-132
Norazah Mohd Suki & Norbayah Mohd Suki. 2015. Consumers’ Environmental Behavior Towards Staying at a Green Hotel. Moderation of Green Hotel Knowledge.Management Of Environmental Quyality An International Journal. Vol 26 No.1. 2015 pp.103-107
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Sulastiyono, Agus. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung. Alfabeta
Sulis Purwanto, 2016. Pariwisata Indonesia. https:// sulispurwanto..../dampak-perkembangan-pariwisata. Diakses 25 Juli 2017
Sumarsono.,dan Yayat Giyatno. 2012. Analisis Sikap dan Pengetahuan Konsumen terhadap Ecolabelling serta Pengaruhnya pada Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan. PERFORMANCE, 15 (1), h: 70–85
Suprapti, N.W.S. 2010. Perilaku Konsumen : Pemahaman Dasar
dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Bali: Universitas Udayana Bali
Trihatmojo,M. Eco friendly Hotel. maharagtri.tumblr.com/post/45335013371/eco-friendly-hotel
Ying,A.N. 2015. Tourism Development and Ecological Environment Protection. Journal of Lanscape Research.pp.43-44
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1208
Refbacks
- There are currently no refbacks.