PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP KEPADA LINGKUNGAN TERHADAP NIAT MENGINAP DI HOTEL RAMAH LINGKUNGAN

Ida Ayu Kalpikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengetahuan dan sikap kepada lingkungan terhadap niat menginap di hotel ramah  lingkungan. Penelitian ini menggunakan 90 responden menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Responden merupakan wisatawan yang mengetahui tentang hotel ramah lingkungan. Data dianalisis menggunakan metode statistik regresi linear berganda, selanjutnya data diolah menggunakan bantuan software IBM SPSS statistic 20. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menginap di hotel ramah lingkungan, (2) Sikap kepada lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menginap di hotel ramah lingkungan, (3) Pengetahuan dan sikap kepada lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap niat menginap di hotel ramah lingkungan.

 

Kata kunci: pengetahuan, sikap, niat menginap, hotel ramah lingkungan

 

ABSTRACT

This research aims to describe  the influence knowledge and attitude to the environment intention  stay at eco- friendly hotel. The study taken from a sample of 90 the touristst who know about eco-friendly hotel. The data were analyzed using statistic method multiple linear regression then processed with software IBM SPSS 20. The result show (1) Knowledge have an effect on positive significant intention of stay at eco friendly hotel, (2) Attitude  to the environment have an effect positive significant intention of stay at eco- friendly hotel, (3) Knowledge and attitude to the environment have an effect  intention of stay at eco-friendly hotel.

 

Keywords:  knowledge, attitude, intention of stay, eco-friendly hotel.


Full Text:

PDF

References


Aman, A. H. L., Harun, A., & Hussein, Z. (2012). The influence of environmental knowledge and concern on green purchase intention the role of attitude as a mediating variable. British Journal of Art and Social Sciences, 7 (2), 145 – 167

Engel, J.F. et.al., 1994, Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Penerbit : Binarupa Aksara, Jakarta. Penerbit : Erlangga, Jakarta

Ferdinand, Agusty. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang

Ghozali,I. 2005. Aplikasi :Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro

Haryadi, Rudi. 2009. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix. Program Magister Manajemen. Universitas Diponegoro, Semarang

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2007. Manajemen PT Indeks.. Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Lin, Nan Hong and Bih Sya Lin. 2007. The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Management Studies 1 (13): 121-132

Norazah Mohd Suki & Norbayah Mohd Suki. 2015. Consumers’ Environmental Behavior Towards Staying at a Green Hotel. Moderation of Green Hotel Knowledge.Management Of Environmental Quyality An International Journal. Vol 26 No.1. 2015 pp.103-107

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sulastiyono, Agus. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung. Alfabeta

Sulis Purwanto, 2016. Pariwisata Indonesia. https:// sulispurwanto..../dampak-perkembangan-pariwisata. Diakses 25 Juli 2017

Sumarsono.,dan Yayat Giyatno. 2012. Analisis Sikap dan Pengetahuan Konsumen terhadap Ecolabelling serta Pengaruhnya pada Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan. PERFORMANCE, 15 (1), h: 70–85

Suprapti, N.W.S. 2010. Perilaku Konsumen : Pemahaman Dasar

dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Bali: Universitas Udayana Bali

Trihatmojo,M. Eco friendly Hotel. maharagtri.tumblr.com/post/45335013371/eco-friendly-hotel

Ying,A.N. 2015. Tourism Development and Ecological Environment Protection. Journal of Lanscape Research.pp.43-44




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.