PERANAN PARIWISATA BAHARI DALAM PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN TARAF EKONOMI MASYARAKAT LOKAL DI DESA LES KECAMATAN TEJAKULA KABUPATEN BULELENG

Ni Ketut Mareni, A.A.Istri M. Septiviari

Abstract


ABSTRAK:

Desa les merupakan salah satu desa yang berada dalam Kecamatan Tejakula yang memiliki daya tarik wisatawan karena keindahan terumbu karang di laut yang ada didaerah tersebut. Keberlangsungan kegiatan wisata beserta operasionalnya tidak lepas dari dukungan sepenuhnya melalui pemberdayaan masyarakat desa., Namun seiring terus berkembangnya wisata bahari di Desa Les, sarana akomodasi sebagai salah satu penunjang pariwisata seperti home stay, villa, restaurant dan lainnya yang ada di Desa Les sangat minin bahkan dikatakan tidak ada.. Dampak dari pemberdayaan masyarakat local dalam kegiatan wisata bahari bagi kehidupan masyarakat Desa Les adalah; dampak ekonomi yaitu meningkatnya pendapatan masyarakat, serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat yang ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat, baik kebutuhan primer, sekundr, maupun tersier. Dampak pendidikan yaitu meningkatnya tingakt pendidikan masyarakat, didapatnya pelatihan dan pendidikan dalam bidang pariwisata yang diberikan oleh pemerintah dan pihak swasta yang bertanggung jawab atas pengembangan wisata bahari di Desa Les. Dampak social budaya yaitu berkembangnya kesenian tari yang ada dan terpeliharanya bangunan-bangunan pura yang ada di Desa Les karena mendapat sumbangan-sumbangan dari pemerintah maupun swasta.

 

Kata kunci: Peranan, Pariwisata Bahari, dan taraf ekonomi.

 

 

ABSTRACT:

Les villages is one of the villages located in the District of Tejakula who has had a tourist attraction because of the coral reefs in the sea in the area. The sustainability of tourist activities and its operations can not be separated from the full support trough the empowerment of rural communities, but with the development of nautical tourism in the village of Les. Accommodation facilities as one of the supporting tourism such as home stay,villa, restaurant and others in the village of Les wa minimal even to say no, this is one opportunity for the people of the village of Les to providing facilities such accommodation. The impact of the empowerment of local communities in marine tourism activities for the lifeof the villagers Les, are: The economic impact is rising incomes and increase in the welfare of society is marked by the need of the community, both the need of primary, secondary, and tertiary. Education inpact that rising levels of public education, the acquition of training and education in the field of tourism offered by the government and the private sector which is responsible for development of nautical tourism in the village of Les. Social inpact of culture is developing dance art and the preservation of exiting buildings of the temple in the village of Les as it gets donations from government and private parties.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 2012. Luas Wilayah dan Letak Geografis Pulau Bali dan Kabupaten/Kota Tahun 2012. http://bali.bps.go.id/table_detail.php?ed=601001&od=1&id=1. Diakses terakhir pada tanggal 4 maret 2014 pk 05:24 WITA.

Kates, Robert W. 2005. Environment: Science and Policy for Sustainable Development, Volume 47. http://www.heldref.org/env.php

Payne M. 1997. Modern Social Work Theory. Edisi Kedua. London: MacMillan Press Ltd.

Rifani, V. Indah. 2013. “Pemberdayaan Masyarakat Untuk Memajukan Desa Wisata Pentingsari Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Daerah IstimewaYogyakarta”.http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/2777/34/337. Diakses terakhir pada tanggal 2 Desember 2013 pk 13:00 WITA.

Soekadijo,R.G. 1997. Anatomi Parawisata. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Yogyakarta.

Suandi, Jasminarni, Trias Novita, Evita, Suryono. 2006. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Pertanian Organik Berbasis Trikolimtan di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi”. http://online-journal.unja.ac.id/index.php/jlpm/article/view/91/0. Diakses terakhir pada tanggal 29 juli 2013 pk 09:30 WITA.

Setiana, L. 2005. Pengertian Dasar Penyuluhan Pertanian. PT Gramedia, Jakarta.

Umar, Husein. 1999. Metodologi Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yoeti, Oka A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata, Cetakan Pertama (Revisi). Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.