KEPUASAN WISATAWAN PADA DESTINASI AGRO WISATA DI BOGOR

Mellia Jeneetica

Abstract


Agro wisata merupakan destinasi wisata yang cukup menarik bagi keluarga. Selain mendapatkan kesenangan, wisatawan juga mendapatkan edukasi mengenai tanaman dan pertanian. Hanya saja perlu diketahui tingkat kepuasan pengunjung mengingat banyaknya pesaing dari destinasi wisata yang lain yang semakin berkembang dan inovatif. Penelitian ini menggambarkan kepuasan wisatawan ketika berkunjung ke salah satu Agro wisata ternama di Bogor, di mana terbatas pada kepuasan wisatawan saja tanpa melihat variable lain. Hal ini dilakukan untuk melihat kepuasan wisatawan ketika mengunjungi atau melakukan kegiatan di agro wisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil yang didapatkan bahwa sebagian besar responden menyatakan puas setelah mengunjungi atau melakukan kegiatan di agro wisata. Hal ini tentunya dapat menjadi masukan untuk penyedia jasa.

 

Kata kunci: Kepuasan Wisatawan, Agro Wisata, Traveller, Consumer Behavior, Tourism, Perjalanan Wisata.


Full Text:

PDF

References


Baker, D. A., & Crompton, J. L. 2000. Quality, satisfaction, and behaviour intentions. Annals of Tourism Research.

Departemen Pertanian. 2008. Agrowisata Meningkatkan Pendapatan Petani. Direktori Profil Agrowisata.

Hair J.F; Rolph E.A.; Ronald L.T; and William, C. Black.1995.Multivariate Data Analysis, United Stated of America: Pearson Prentice Hall International Editions.

Hardjosoedarmo, Soewarso. 1997. Dasar-dasar Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Irawan, Handi D. 2009.10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Edisi Kedua 2002. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lovelock, C. dan Wirtz, J. 2011. Services Marketing: People, Technology, Strategy. Pearson Education, Inc, New Jersey.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sekaran, Uma. 2010. Research Methods for Business, United States of America: John Willey and Sons, Inc.

Sumarwan, Ujang; Jauzi, Ahmad; Mulyana, Asep; Karno, Bagio N.; Mawardi, Ponti K.; dan Nugroho, Bayu. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. IPB Press, Bogor.

Tan, W. J., Kwek, C. L., and Li, L. 2013. “The Antecedents of Effectiveness Interactive Advertising in the Social Media,” International Business Research, Vol. 6, No. 3.

Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Perilaku Konsumen: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Zeithaml, Valerie A. dan Bitner, Mary Jo. 2005. Customer Contribution and Roles in Service Delivery. North Carolina: University of North Carolina.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.