Analisis Usaha Fashion Batik (Studi Kasus Toko AV Collection Wanayasa Pekalongan)

Khasanah Nur Febriyanti

Abstract


Pada penulisan artikel kali ini membahas mengenai usaha fashion batik AV Collection yang terletak di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Pekalongan. Pengambilan data metode ini adalah metode wawancara dengan mewawancarai seorang pemilik pengusahanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah bauran pemasaran pada batik AV Collection Wanayasa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, Product batik AV Collection selalu update dengan motifnya. Price batik terjangkau oleh semua kalangan, Place atau pendistibusian mudah dijangkau oleh konsumen, promotion menggunakan strategi promosi kepada masyarakat secara langsung dan tidak langsung. Kesimpulannya, fashion batik AV Collection dapat dikatakan berkembang pesat dengan menggunakan stategi pemasaran dengan teknik bauran pemasaran yaitu produksi batik yang unik dan menarik, harga produk yang bersaing, promosi masih menggunakan teknik langsung kepada konsumen belum sepenuhnya disesuaikan dengan perkembangan jaman, tempat pendistribusian yang terjangkau namun belum tepat dan belum strategis.

Keywords


Manajemen,Kelayakan Bisnis,Fashion Batik

Full Text:

PDF

References


Aliefah, Aniesatun Nurul, and Eka Arilia Nandasari. 2022. “Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran Dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen.” Lab 6(01):40–56. doi: 10.33507/labatila.v5i02.475.

Decky Antony Kifta. n.d. Analisis Pengendalian Persediaan Dalam Hubungannya Dengan Efisiensi Biaya.

Lestari, Lugina, and Wahyudin Wahyudin. 2022. “Analisis Kelayakan Bisnis Pada Perancangan Dan Pengembangan Produk Kursi Multifungsi.” Performa: Media Ilmiah Teknik Industri 21(1):86. doi: 10.20961/performa.21.1.58401.

Noviana, Yosi, Lamun Bathara, and Hazmi Arief. 2020. “Analisis Kelayakan Usaha Rendang Kerang Di Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.” Sosial Ekonomi Pesisir 1(1):67–73.

Nurdiansah, Bambang, Program Studi, Teknik Industri, Fakultas Teknik, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2023. “Analisis Kelayakan Usaha Batik Di UKM Satrio Utomo Kedunggudel Sukoharjo (Studi Kasus : UKM Batik Satrio Utomo).”

Putra, Rizky Witama, Sri Indriani, and Ida Bagus Suardika. 2022. “Analisis Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan Produksi Usaha Kopi Robusta (Studi Kasus: Umkm Loca Nusa, Malang, Jawa Timur).” Jurnal Mahasiswa Teknik Industri) 5(2).

Sultan, Muhammad, Muhammad Taufiq, and Devy Arisandi. 2022. “Manajemen Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Toko Roti Gembong Gedhe Cabang.” 2(2):1–7.

Yudaswara, Refki Aditya. dkk. 2018. “Analisis Kelayakan Usaha Produk Olahan Berbahan Baku Ikan Nila (Oreochromis Niloticus).” Jurnal Perikanan Kelautan 9(1):104–11.

Yuniar, Vira, Cantika Florentina Br Bangun, Sri Wulandari Bugis, and Suhairi Suhartini. 2022. “Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan UMKM Usaha Tahu Dan Tempe Di Desa Pondok Jeruk Ditinjau Dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran Dan Aspek Keuangan.” Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management 2(2):142–51. doi: 10.47467/manageria.v2i2.929.

Zulkarnaen, Iskandar, Anggun Nur Azizah, Solihin, and Paduloh. 2020. “Analisis Studi Kelayakan Bisnis Fashion Muslimah ‘Galery Amanah’ Menggunakan Pendekatan Business Process Management (BPM).” Jurnal Jaring SainTek 2(2):1–14. doi: 10.31599/jaring-saintek.v2i2.323.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v6i2.4469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services