EFEK E-WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP DESTINATION IMAGE DI MUSEUM MACAN JAKARTA

Patricia Samantha, Maria Pia Adiati

Abstract


Media sosial memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan masa kini dengan banyaknya jumlah pengguna. Media sosial sendiri merupakan tempat untuk melakukan kegiatan e-WOM yang dapat mengafeksi berbagai aspek, salah satunya adalah wisata dan destination image. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana e-Word of Mouth yang merupakan alat pemasaran di era internet dan pengaruhnya terhadap destination image di Museum MACAN yang merupakan museum seni yang memiliki banyak wisatawan sejak pembukaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan content analysis. Wawancara digunakan untuk menguji variabel e-WOM dan analisis konten dilakukan dengan meninjau posting Instagram untuk mengetahui lebih lanjut tentang destination image di Museum MACAN Jakarta. Hasil yang ditemukan dalam penelitian menyebutkan bagaimana gambar tujuan berkorelasi dengan e-WOM dan bagaimana masing- masing variabel saling mempengaruhi.


Keywords


Media Sosial, Citra Destinasi, e-WOM

Full Text:

PDF

References


Al Birra, F. (2018, December 18). Jawa Pos. Retrieved April 20, 2020, from jawapos.com: https://www.jawapos.com/wisata-dan- kuliner/travelling/18/12/2018/travelok a-instagramable-jadi-pertimbangan- utama-wisata-di-indonesia/

Aviolitasona, G. B. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjung

Journal FAME Vol.3 (No.2) : hal 47-107 . Th. 2020 p-ISSN : 2622-1292 e-ISSN : 2623-0488

Wisatawan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Cendra Hogi Sopacua, S. (2016). PENGARUH electronic WORD OF MOUTH (eWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (Studi pada Restoran Roaster and Bear Yogyakarta). Yogyakarta: UAJY.

Destari, F. (2017). Meningkatkan Intention To Revisit Melalui Keunikan Jasa Pariwisata & Destinasion Aimage: Studi Kasus Pada Big Event JFC. Jember: Universitas Jember.

Difika, F. (2016). Dakwah melalui Instagram (studi analisis materi dakwah dalam Instagram Yusuf Mansur, Felix Siauw, Aa Gym, Arifin Ilham). Semarang: UIN Walisongo.

Ellen, & Tunjungsari, H. K. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-Wom) Dan Country Of Origin (Coo) Terhadap Purchase Intnsion; Melalui Mediasi Brand Image Terhadap Produk Nature Republic Di Universitas Tarumanagara. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Fourhooks. (2015, April 25). Fourhooks. Retrieved November 10, 2020, from Fourhooks.com: http://fourhooks.com/marketing/the- generation-guide-millennials-gen-x-y- z-and-baby-boomers-art5910718593/

Iman K, D., Arifin, Z., & Mawardi, M. K. (2015). PENGARUH PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KESADARAN KONSUMEN PADA PRODUK INTERNASIONAL (Studi Pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9.

InterActive. (2019, September 25). InterActive. Retrieved November 9, 2020, from Interactive.co.id: https://interactive.co.id/blog/10- karakteristik-generasi-millenial-yang- wajib-anda-ketahui-sebelum- mempekerjakan-mereka- 169.html#:~:text=Generasi%20milenia l%20adalah%20generasi%20yang,unt uk%20meningkatkan%20produktivitas %20dan%20efisiensi.

Jakarta

Open Data. (2018, August 16). Data Jumlah Pengunjung Museum

Ulang

Versi Online: http://journal.ubm.ac.id/index.php/journal- fame/index

Hasil Penelitian

Berdasarkan Jenis Museum Tahun 2017. Retrieved November 4, 2020, from Jakarta Open Data: https://data.jakarta.go.id /dataset/pengunjungmuseummenurutje nismuseumdkijakarta/resource/4519eb f7-1ce8-4c01-86ee-ce7b0f67e466

Kurniawan, C. (2014). Studi Deskriptif Destination Image Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 3, No. 2.

Manning, J. (2014.) Social media, definition and classes of. In K. Harvey (Ed.),

Encyclopedia of social media and politics (pp. 1158-1162). Thousand Oaks, CA: Sage.

Mileva, L., & Fauzi DH, A. (2018). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9.

Museum Bahari Yogyakarta [@museumbaharijogja]. Retrieved November 5, 2020, from Instagram: https://www.instagram.com/museumb aharijogja/

Museum MACAN [@museummacan]. Retrieved November 5, 2020, from Instagram: https://www.instagram.com/museumm acan/

Journal FAME Vol.3 (No.2) : hal 47-107 . Th. 2020 p-ISSN : 2622-1292 e-ISSN : 2623-0488

Museum Tekstil [@museum_tekstiljkt]. Retrieved November 5, 2020, from Instagram: https://www.instagram.com/museum_t ekstiljkt/

UP Museum Seni Jakarta [@museum_senijkt]. Retrieved November 5, 2020, from Instagram: https://www.instagram.com/museum_ senijkt/

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nisrina, M. (2015). Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Thabroni, G. (2019, October 5). Serupa. Retrieved November 12, 2020, from Serupa.id: https://serupa.id/seni- instalasi-pengertian-sejarah-kategori- lengkap/

WeAreSocial, & Hootsuite. (2020, January 30). We Are Social. Retrieved March 10, 2020, from We Are Social: https://wearesocial.com/blog/2020/01/ digital-2020-3-8-billion-people-use- social-media

Widiyarti, Y. (2019, January 6). Tempo. Retrieved November 9, 2020, from Tempo.Co: https://cantik.tempo.co/read/1162188/ mengenal-karakter-generasi-z- mandiri-keras-kepala-tapi- inovatif/full&view=ok




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i2.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services