PENGARUH PERANAN PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (BANBAN.TEA) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI BAN BAN TEA EMPORIUM PLUIT MALL

Oktaviani Putri Alexander, Johannes Kurniawan

Abstract


Perkembangan yang terjadi di dunia bisnis saat ini sangat diuntungkan dengan adanya kehadiran sosial media instagram khususnya di dunia food& beverages dan telah meningkat dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peranan promosi instagram (banban.tea) terhadap keputusan pembelian di ban ban tea emporium pluit mall. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif kausal dengan teknik pengumpulan data kuesioner menggunakan purposive sampling dan memiliki jumlah responden sebanyak 100 responden dan pengolahan datanya menggunakan SPSS (Statistical Packages For Social Sciences) versi 24. Dan menggunakan metode penelitian uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastistas), analisis regresi linear sederhana, uji T, Uji F, koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Uji T menunjukkan bahwa variabel X (promosi) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Y (keputusan pembelian), Uji F untuk mengetahui apakah variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat, dan yang terakhir adalah uji koefisien determinasi yang menyatakan bahwa variabel X (promosi) terhadap variabel Y (keputusan pembellian) berpengaruh sebesar 69,1% sedangkan sisanya sebesar 30,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak teliti. Berdasarkan hasil uji penelitian dapat disimpulkan bahwa promosi media sosial instagram (banban.tea) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini kepada pemilik akun instagram(banban.tea) agar dapat mempertahankan dan membuat inovasi yang baru sehingga konsumen akan melakukan pembelian ulang.


Keywords


Promosi, Keputusan Pembelian, Ban Ban Tea Emporium Pluit Mall.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode PenelitianManajemen. BP

Universitas Diponegoro. Semarang Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Ed). United States:

Pearson

Andres Kaplan & Michael HaenLein,

User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media, Business Horizons.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia: www.apjii.or.id

Napoleoncat: https://napoleoncat.com/stats/instagra m-users-in-indonesia/2020/06

Instagram ban ban tea: https://www.instagram.com/banban .tea/?hl=en




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i2.2484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services