Analisa Penjadwalan Waktu dengan Metode Jalur Kritis dan PERT pada Proyek Pembangunan Ruko (Jl. Pasar Lama No. 20 Glodok)

Dino Caesaron, Andrey Thio

Abstract


Keterlambatan penyelesaian proyek merupakan masalah yang sering muncul dan berdampak pada keseluruhan pekerjaan proyek. Untuk mengantisipasi keterlambatan tersebut, maka dilakukan dengan beberapa alat pengendalian. Alat-alat yang digunakan adalah metode Jalur Kritis (Critical Path Method), PERT (Program Evaluation and Review Tecnique), Crashing Project dan Diagram Tulang Ikan. Metode Jalur Kritis dan PERT dilakukan untuk mendapatkan gambaran bagaimana jika proyek dilakukan pengendalian dengan kedua alat tersebut. Crashing project dilakukan untuk melihat besaran biaya jika kegiatan proyek mengalami keterlambatan serta dilakukan analisa faktor-faktor penyebab keterlambatan itu sendiri. Hasil dari Metode Jalur kritis dan PERT yaitu terdapat keterlambatan penyelesaian proyek. Hasil dari Crashing Project adalah berupa pertukaran waktu dan biaya serta terdapat faktor-faktor penyebab keterlambatan yang terdiri dari manusia, material, metode, mesin dan lingkungan. Penyelesaian proyek dengan Metode Jalur Kritis memakan waktu 196 hari kerja, penyelesaian dengan PERT juga diperoleh hasil yang sama yaitu 196 hari dengan probabilitas selesai sebesar 61%, serta probabilitas terselesaikan 99% jatuh pada hari ke-209. Pengolahan dengan Crashing Project terdapat pemangkasan durasi pekerjaan sebanyak 16 hari dengan peningkatan biaya sebesar Rp 20.260.000 , serta pengolahan dengan Diagram Tulang Ikan terdapat faktor penyebab keterlambatan terbesar adalah minimnya pengawasan dari pihak perusahaan.

Keywords: Metode Jalur Kritis, PERT, Crashing Project, Diagram Tulang Ikan


Full Text:

PDF

References


Almahdy, Indra, dan Catur Prianto, 2008. Penjadwalan Proyek dengan Metode CPM dan Slope Calculation. Jurnal Sinergi Vol 12, No. 4, Uneversitas Mercu Buana.

Arifudin, Riza. Optimasi Penjadwalan Proyek dengan Penyeimbangan Biaya Menggunakan Kombinasi CPM dan Algoritma Genetika.Jurnal Matematika FMIPA, Jurnal Masyarakat Informatika, Vol. 2, No. 4, Universitas Negeri Semarang.

Bustani, Henry, 2005. Fundamental Operation Research. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Frederika, Ariany, 2010. Analisis Percepatan Pelaksanaan dengan Menambah Jam Kerja Optimum pada Proyek Konstruksi. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14, No. 2, Universitas Udayana.

Gray, Clifford F. dan Erik W. Larson, 2008. Project Management. Mc.Graw.Hill, Singapore.

Gray, Clive , Payaman simanjuntak , Lien K. Sabur, P.F.L. Maspaitella , R.C.G. Varley, 1993. Pengantar Evaluasi Proyek. Gramedia, Jakarta.

Gumilang, Bram Iskumara, Dwijanto dan Mulyono, 2014. Metode PERT-CPM untuk Optimalisasi penjadwalan proyek. Jurnal Matematika, ISSN 2252-6943, UNNES.

Herjanto, Eddy, 2011. Manajemen Operasi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Heryanto, Imam dan Totok Triwibowo, 2009. Manajemen Proyek Berbasis Teknologi Informasi. Informatika, Bandung.

Hargo, Harkit Dwi, 2013. Implementasi Metode Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Tali Rafia Hitam dengan Menggunakan Metode Statistik Di UD Kartika Palstik Jomban. Jurnal Ilmiah Vol.2 No.1, Universitas Surabaya.

Krajewski, Lee. J, Larry P.ritzman dan Manoj K.Malhotra, 2007. Operation Management. Pearson, New Jersey.

Krajewski, Lee. J, Larry P.ritzman dan Manoj K.Malhotra, 2010. Operation Management. Pearson, New Jersey.

Laksana, Apri Widiya, Dkk. 2014. Optimalisasi Waktu dan Biaya Proyek dengan Analisa Crash Program. Jurnal Karya Teknik Sipil Volume , Nomor 3, Universitas Diponegoro.

Putra, Vincensius Palma Ragajiwandana Handri, AriefAndriansyah, M.Agung Wibowo dan Bambang Pudjianto, 2014. Penerapan Metode Crashing Proyek Pembangunan Elizabeth Building RS. Santo Borromeus Paket 1 Bandung. Jurnal Teknik Sipil Vol 3, No. 3, Universitas Diponegoro.

Raharja, Iwan. Analisa Penjadwalan Proyek dengan Metode PERT di PT. Hasana Damai Putra Yogyakarta pada Proyek Perumahan Tirta Sani, 2014. Jurnal Bentang Vol.2 No. 1. Program Studi Ekonomi Manajemen, Universitas Islam Indonesia.

Schwalbe, Kathy, 2009. Information Technology Project Management. Cengage Learning. Inc, United State of America.

Suwoto dan Jefri Antonius Tampubolon, 2013. Analisis Waktu Perencanaan Pemasangan Dinding Kubah GRC dengan Metode CPM dan PERT pada Proyek GRM Kemayoran. Jurnal Ilmiah dan Teknologi, Program Studi Teknik Industri, ISSN 1858-4993, Universitas Pamulang.

Taha, Hamdy A, 2007. Operation Research. Pearson, Singapore.

Tanjong, Santoni Darmawan, 2013. Implementasi Pengendalian Kualitas Dengan Metode Statistik pada Pabrik Spareparts CV Victory Metallurgy Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Vol.2, No. 1, Universitas Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v8i2.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.