Penentuan Jumlah Kedatangan Armada Optimal KRL Commuter Line Jalur Bekasi-Manggarai untuk Skenario Kenaikan Jumlah Penumpang Menggunakan Simulasi ProModel

Mirna Lusiani, Efod Phalen

Abstract


KRL Commuter Line kini merupakan primadona baru dalam bidang transportasi darat bagi masyarakat Jabodetabek. Dengan ongkos yang relatif murah membuat angkutan ini menjadi pilihan utama penumpang di Jabodetabek. Pengelolaan dan penjadwalan KRL CL pun sangat diperlukan demi terciptanya kepuasan pelanggan yang setia menggunakan jasa angkutan ini dalam kesehariannya. Penelitian ini dibuat guna mengurangi antrian penumpang yang terdapat pada setiap stasiun. Dalam penelitian ini penulis melakukan penentuan jumlah kedatangan armada optimal untuk skenario kenaikan jumlah penumpang yang telah diasumsikan oleh penulis yaitu sebesar 25%, 50%, dan 75%. Skenario dibuat berdasarkan jumlah penumpang dari Bekasi sampai Manggarai yang didapat melalui observasi. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi lapangan dengan melakukan perhitungan jumlah kedatangan penumpang di setiap stasiun dan juga perhitungan jumlah penumpang turun di setiap stasiun. Model dibuat berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan diolah, dan disimulasikan pada masing-masing skenario sehingga diperoleh jumlah dan waktu antar kedatangan KRL yang sesuai. Pemilihan dilakukan berdasarkan jumlah penumpang yang terangkut dari masing-masing simulasi. Dari penelitian diperoleh hasil, untuk skenario 1 digunakan 12 kedatangan krl dengan headway sebesar 600 detik, skenario 2 digunakan 13 kedatangan krl dengan headway sebesar 540 detik dan untuk skenario 3 digunakan 14 kedatangan krl dengan headway sebesar 540 detik.

Keywords: Simulasi, Model, Antrian


Full Text:

PDF

References


Blanchard. (1991), dikutip dari Harrell, Charles, and Tunay, 1995, Simulation Made Easy, USA: Institute of Industrial Engineering.

Harrel, C., Ghosh, Biman K., & Bowden, Royce O. (2012). Simulation Using Promodel. Third Edition. New York: McGraw-Hill.

Hasan, Ali. (2008). Manajemen Pemasaran dan Marketing. Bandung: Alfabeta.

Heizer, J., Render, B. (2005). Operation Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Law, Averill M. & Kelton, W. David. (1991). Simulation Modeling and Analysis. Second Edition. New York: McGraw-Hill.

Leedy, D. Paul. (1997). Practical Research: Planning and Design (8th edition). Merrill.

Siagian, Desgirbson. (2003). Teknik Sampling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yamit, Zulian. (2005). Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UI.

http://www.bumn.go.id/keretaapi/berita/1976/Rekor.Tertinggi.Dalam.Sejarah,.Penumpang.KRL.Jabodetabek.693.Ribu/Hari (diakses pada 9 September 2014)

http://www.beritasatu.com/megapolitan/125764-jumlah-penumpang-krl-commuter-line-melonjak-126000.html (diakses pada 9 September 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v8i2.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.