Usulan Peningkatan Efisiensi Stasiun Kerja pada Lini Perakitan Current Coil (Studi Kasus: PT. Padma Soode Indonesia)

Gidion Karo-Karo, Seri Hendra

Abstract


PT.Padma SOODE Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bagian logam presisi stamping, presisi plastik molding, dan presisi perakitan elektronik. Untuk mengurangi perbedaan tingkat efisiensi karena perbedaan waktu antara unsur-unsur siklus bekerja, dilakukan Line Balancing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Line Balancing Helgeson-Birnie, metode peramalan dan Weight Moving Average, Moving Average, metode pengukuran akurasi peramalan berarti kuadrat kesalahan, dan ProModel 6.0 software untuk menguji kemampuan stasiun kerja untuk memenuhi permintaan. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode - metode di atas diperlukan 4 stasiun kerja selama 4 bulan terakhir dengan kemampuan untuk merakit 49,504 pcs (jumlah permintaan tertinggi berdasarkan peramalan empat periode rata-rata bergerak selama 4 bulan terakhir) coil saat ini dalam 153,51 jam dari total 160 jam waktu kerja dan rata-rata - rata-rata kenaikan tingkat efisiensi selama 4 bulan terakhir sebanyak 9,92%.

Keywords: Line Balancing, Helgeson-Birnie, Peramalan, Moving Average, Weight Moving Average, Means Squared Error.


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, Respati. Setyanto, Nasir Widha. Efranto, Remba Yanuar. 2007. Analisis Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Kerja dengan Penerapan Kaizen (Studi Kasus pada PT Beiersdorf Indonesia PC Malang). Malang. Universitas Brawijaya.

Barnes, Ralph M. 1980. Motion and Time Study: Design and Measurement of Work, 7th edition. Newyork. Wiley.

Elsayed, A. E. Boucher, Thomas O. 1994. Analysis and Control of Production Systems, 2nd edition, Prantice Hall International Editions.

Falevy, Marcelina Rizka. Samsono, M.zen. Saleh, Akuwan. 2011. Sistem Peramalan Harga Sembako Berbasis Moving Average dengan Brew Platform sebagai Mobil Interfaces. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Gaspersz, Vincent. 2004. Production Planning and Inventory Control. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Umum.

Gian, Gargentiana. 2013. Analisis Efektivitas Sistem Antrian Teller Bank BNI dengan Visualisasi ProModel (Studi Kasus Cabang Universitas Indonesia Depok). Depok. Universitas Indonesia.

Gofur, Abdul Ade. Widianti, Utami Dewi. 2013. Sistem Peramalan untuk Pengadaan Material Unit Injection di PT. XYZ, Bandung. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika [KOMPUTA].

Gozali, Lina. Widodo, Lamto. Bernhard, Martin. 2006. Analisa Keseimbangan Lini pada Departemen Chassis PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia dengan Algoritma Ant Colony, Rank Positional Weight, dan Algoritma Genetika. Jakarta. Universitas Tarumanagara.

Henry R, Eben. 2011. Analisa Peningkatan Kapasitas Produksi pada Line Assembling Transmisi PT. X dengan Metode Line Balancing. Depok. Universitas Indonesia.

Law, A.M., Kelton, W.D. 2000. Simulation Modeling and Analysis, 3rd edition. USA. McGrawHill.

Laksono, Galuh Dwi. Nurdin, Riani. Astuti, Marni. 2011. Simulasi Sistem Proses Produksi di PT. Baja Kurnia, Batur, Ceper, Klaten.

NPTEL. 2003. Performance Rating. (http://nptel.ac.in/courses/112107142/part1/table9_1.htm, diakses 9 May 2015)

Riyanto, Agus. 2012. Analisis Simulasi Antrian Nasabah di Bank BNI 46 Tbk. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Riyanto, Agus. 2014. Simulasi Sistem Antrian Menggunakan ProModel di RS Hasan Sadikin Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Samosir, Phalen Efod. 2014. Penentuan Jumlah Kedatangan Armada Optimal KRL Commuter Line Jalur Bekasi–Manggarai Untuk Skenario Kenaikan Jumlah Penumpang Menggunakan Simulasi ProModel. Jakarta. Universitas Bunda Mulia.

Turner, W.C., Mize, J.H., Case, K.E., Nazemetz, J.W., 1993. Pengantar Teknik dan Sistem Industri. Surabaya. Guna Widya.

Wignjosoebroto, S. 2008. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu: Teknik Analisis Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Surabaya. Guna Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v8i2.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.