Aplikasi Game “Waddle” Dengan Menggunakan Teknologi Game Engine Godot

Nicholas Cahaya Alam, Ignatius Adrian Mastan

Abstract


Penelitian ini fokus pada pengembangan game "Waddle" menggunakan Godot Game Engine, sebuah permainan platformer 2D yang menggabungkan keindahan visual dengan elemen edukatif tentang pemanasan global. Dengan tujuan meningkatkan kesadaran lingkungan melalui media interaktif, penelitian ini menerapkan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dari perencanaan hingga peluncuran. Godot Game Engine dipilih karena fleksibilitasnya dalam pengembangan game, memastikan setiap aspek game, dari desain karakter hingga mekanisme interaktifnya, berkembang secara optimal. Permainan "Waddle" berhasil lulus Uji Penerimaan Pengguna, menunjukkan fungsionalitas yang sesuai harapan. Kesimpulan penelitian menyoroti potensi signifikan game edukatif seperti "Waddle" dalam permainan pendidikan lingkungan, bukan hanya sebagai hiburan, melainkan sebagai alat pembelajaran yang menarik. Game ini memberikan platform interaktif untuk memahami isu pemanasan global dan mendorong pemain menjadi lebih sadar serta proaktif dalam pelestarian lingkungan. Dengan demikian, "Waddle" tidak hanya mengundang pemain untuk menikmati permainan, tetapi juga untuk menjadi agen perubahan yang peduli terhadap lingkungan.


Keywords


Godot Game Engine; Game Development Life Cycle; Pemanasan Global; Game Edukasi; Platformer 2D

Full Text:

PDF

References


Bradfield, C. (2018). Godot Engine Game Development Projects: Build Five Cross-platform 2D and 3D Games with Godot 3.0. Packt Publishing Ltd.

Dhule, M. (2022). Getting Started with Godot BT - Beginning Game Development with Godot: Learn to Create and Publish Your First 2D Platform Game (M. Dhule (ed.); pp. 17–33). Apress. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-7455-2_2

Douglas, B. D., & Brauer, M. (2021). Gamification to prevent climate change: a review of games and apps for sustainability. Current Opinion in Psychology, 42, 89–94. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2021.04.008

Garneli, V., Sotides, C., Patiniotis, K., Deliyannis, I., & Chorianopoulos, K. (2019). Designing a 2D Platform Game with Mathematics Curriculum BT - Games and Learning Alliance (A. Liapis, G. N. Yannakakis, M. Gentile, & M. Ninaus (eds.); pp. 42–51). Springer International Publishing.

Haerani, R. P. R., & Suhartini, E. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Game Edukasi Online untuk Meningkatkan Sustainability Literacy pada Tema Perubahan Iklim. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1792–1803.

Jaya, K. T., An’Ars, M. G., Surahman, A., & Sintaro, S. (2023). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Media Borneo, 1(1), 12–20.

Saputra, A. A., Putra, F. N., & Yusron, R. D. R. (2022). Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle ( GDLC ) Berbasis Android. Journal Automation Computer Information System, 2(1), 66–73.

Setiadi, F. A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Game “Petualangan Arjuna” Berbasis Android Dengan Pemodelan Luther. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 2(1), 77–80.

Wibowo, T., & Hermanto, E. (2022). Development of Global Warming Themed Video Games: Implementation of Game Development Life Cycle (Gdlc) Framework. The 2nd Conference on Management, Business, Innovation, Education, and Social Science (CoMBInES), 365–372.

Wihyanti, R. (2020). Analisis Inovasi Pendidikan Kebencanaan di Sekolah di Indonesia. Wijayakusuma Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 16–21.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v7i1.5604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats