Penerapan Algoritma Finite State Machine Pada Game “Knight And King” Dengan Metode Game Development Life Cycle

Eri Kristian, Ignatius Adrian Mastan

Abstract


Salah satu jenis permainan yang digemari yaitu platformer 2D. Jenis permainan ini semakin popular saat ini, karena kepopuleran permainan mobile dan platformer yang muncul di mobile. Penelitian ini berupa perancangan permainan mobile platformer 2D dengan menerapkan algoritma finite State machine untuk memberi kepintaran terhadap musuh, dan metode gamedevelopment life cycle sebagai metode perancangan permainan agar game menjadi lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dan pengembangan prototype. Hasil penelitian ini adalah dapat membuat permainan mobile dengan algoritma finite Statemachine dan metode game development life cycle.


Keywords


Finite State Machine; Game Development Life Cycle; Platformer; Unity

Full Text:

PDF

References


Furqonnil Hakim, K., Pasha, D., Jafar Adrian, Q., Teknik dan Ilmu Komputer, F., Zainal Abidin Pagar Alam No, J., & Lampung, B. (2022). Rancang Bangun Game Platform 2D Petualangan Si Gajah Berbasis Android. In Jurnal Format (Vol. 11).

Gian Razan, M., Wirya Atmaja, P., & Lina Nurlaili, A. (2021). Gim Platformer “Pina Smart Adventure” Dengan Pembangkitan Level Procedural Dua Fase. In JJurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI) (Vol. 2, Issue 2).

Kaurie, F., Purwanto, A., & Minarni, M. (2020). Pengembangan Teknologi Game Indonesia untuk Game 2D “HEROES OF INDONESIA” Menggunakan Unity 2D Engine Berbasis Mobile. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 11(2), 2483–2494. https://doi.org/10.47927/jikb.v11i2.12

Khairani, N., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2021). Perancangan Game 2 Dimensi Petualangan Anak Menyelamatkan Orangtua Sebagai Media Edukatif Bagi Anak Dengan Metode Waterfall. Jurnal Teknologi Informasi), 5(1).

Rumakey, A. M., Dedy Irawan, J., & Wahid, A. (2020). Pembuatan Game 2D “Escape Plan” Dengan Metode Finite State Machine. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 4, Issue 2).

Sonata, F.-. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 22. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832

Wahono, W., Cahyono, E. B., & Hariyady, H. (2020). Rancang Bangun Role Playing Game Timun Mas Dan Raksasa Dengan Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. REPOSITOR, 2(11), 1577–1584.

Warih Utami, A. (2023). Analisia Dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Model and Notation (BPMN) Pada Produksi Shuttlecock. In JEISBI (Vol. 04).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v6i2.4675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats