Aplikasi Voting Naskah Dan Pre-Order Buku Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Penerbit Loveable)

Sophia Tiroya Welhelmina, Angelina Pramana Thenata, Bhustomy Hakim

Abstract


Pengguna teknologi internet yang semakin bertumbuh seiring berjalannya waktu, membuat banyak proses bisnis yang melibatkan internet sebagai media promosi, pemasaran maupun penjualan secara online. Berbagai cara dilakukan para pelaku bisnis agar produknya dapat dikenal banyak orang, memperluas jangkauan pemasarannya hingga memperoleh keuntungan melalui internet. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan metode pre-order di mana pembeli dapat memesan produknya terlebih dahulu sekaligus mendapatkan produk dengan edisi terbatas selama masa pre-orderberlangsung.Cara tersebut merupakan cara yang digunakan Penerbit Loveable untuk menarik minat calon pembeli dengan menggunakan sarana marketplaceonline. Namun, Penerbit Loveable masih memiliki kendala seperti terbatasnya dalam mempromosikan dan menjual produknya terutama produk pre-order di marketplace sehingga memerlukan sarana baru untuk menjual produknya sekaligus dapat mempromosikan produknya tanpa terhalang kendala oleh pihak ketiga. Salah satu strategi promosi yang akan dikembangkan adalah mempromosikan buku yang akan segera terbit sekaligus mengatur urutan waktu penerbitan dan pre-ordermelalui fitur ‘voting naskah’ yang tersedia di aplikasi berbasis Penerbit Loveable. Maka pembangunan aplikasi voting naskah dan pre-order buku berbasis websitesite ini merupakan langkah yang tepat untuk mengembangkan proses pengumpulan naskah, promosi dan penjualan dari buku-buku pre-orderterbitan Penerbit Loveable.Tujuan dari pembuatan aplikasi adalah untuk membantu Penerbit Loveable dalam mengembangkan proses bisnisnya menggunakan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Agile SCRUM yang merupakan salah satu metode yang cukup fleksibel terhadap perubahan. Selain itu, pemrograman yang digunakan besifat OOP (Object Oriented Programmiing), menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework Laravel dan basis data MySQL.

Keywords


Buku; Loveable; Pre-Order; Voting; Web

Full Text:

PDF

References


Amelia, M. (2017) Aplikasi Piutang Usaha Pada Credit Union Banuri Harapann Kita Pontiana. AMIK BSI Pontianakn.

Dianavera, K.T. et al. (2020) Analisa Faktor Tingkat Keberhasilan Digital Marketing Lewat Media Sosial Facebook.

Eneste, P. (2017) Buku Pintar Penyuntingan Naskah. 3rd edn. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hafiz, M. (2021) Perancangan Aplikasi E-Voting Dengan Sistem Smart Contract Berbasis Teknologi Blockchain. Universitas Komputer Indonesia.

Mahendra, I. and Yanto, D.T.E. (2018) ‘Agile Development Methods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Website (Studi Kasus : Bank Bri Unit Kolonel Sugiono)’, Jurnal Teknologi Dan Open Source, Vol. 1(No. 2), pp. 14–24.

Schwaber, K. and Sutherland, J. (2017) ‘Panduan Scrum’, 2(12), pp. 2–19. Available at: https://www.scrumguides.org/docs/scrumguide/v2017/2017-Scrum-Guide-Indonesian.pdf.

Siregar, H.F., Siregar, Y.H. and Melani, M. (2018) ‘Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia’, Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), pp. 113–121.

Sumayyah (2017) Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Mata Kuliah Pada Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya Berbasis Website. Palembang.

Wahyuni, S. (2019) Perlindungan Hukum Bagi Pelaku Usaha Akibat Pembatalan Sepihak Oleh Konsumen Dalam Sistem Pre Order (PO) Jual Beli Online Menurut Hukum Positif dan Hukum Islam. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Available at: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14989.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v6i2.4674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats