Analisis Keamanan Sistem Informasi Terhadap Bencana Alam di Lab Komputer SMA XYZ

Hendy Tannady, M. Fauzi Isputrawan, Eirene Eirene, Kenji Tjandra, Martinez Nicholas, Johanes Fernandes Andry

Abstract


Sistem Informasi Akademik atau Pendidikan sudah ada hampir di seluruh sekolah dan universitas di Indonesia. Informasi sangat mudah didapatkan dan disebarluaskan. Hal itu membuat informasi menjadi sebuah aset yang sangat berharga baik untuk perseorangan, organisasi pemerintah maupun swasta. Keamanan dari sistem informasi menjadi isu yang wajib diperhatikan. Keamanan informasi adalah sebuah konsep untuk mengamankan asset informasi terhadap berbagai ancaman yang dapat memberikan dampak pada perusahaan atau organisasi. Masalah ini sangat penting karena jika sebuah informasi dapat diakses oleh orang yang tidak berwewenang atau tidak bertanggung jawab, maka keakuratan informasi tersebut akan dipertanyakan, bahkan akan menjadi sebuah informasi yang menyesatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan security policy, menemukan metode menjalankan SOP yang tepat, dan membuat rancangan untuk daily activity. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Hasil dari pelaksanaan pkm ini antara lain, security policy, SOP, dan daily activity yang terdapat di sekolah ini masih ada kerentanan maupun kekurangan sehingga kami membuat beberapa rekomendasi yang diperuntukan untuk memperbaiki security policy, SOP, dan daily activity yang terdapat di sekolah ini agar lebih baik. Security policy yang terdapat di sekolah ini sudah bagus, tetapi masih ada yang kurang tepat, SOP Dalam menghadapi bencana alam yang terdapat di sekolah ini sebagian besar sudah mengikuti standar SOP sekolah lainnya dan tetap tidak luput dari kekurangan yang dimana para murid jarang dibekali dengan tata cara menyelamatkan diri sendiri dari bencana alam, daily activity yang dilakukan oleh petugas lab komputer di sekolah ini masih kurang tepat yang dimana pada saat di luar jam pelajaran pintu lab komputer masih dalam keadaan terbuka dan bisa saja orang yang berlalu lalang di tempat itu masuk dan mencuri data - data yang terdapat di lab komputer tersebut.


Keywords


Perangkat Keras; Lab; Sistem Informasi; Komputer

Full Text:

PDF

References


Andry, J. F., & Loisa, J. (2016). The E-Commerce Potential For Home-Based Business : A Case Study. Jurnal Ilmiah Fifo, 139.

Abdul, D. F., Budiman, M. I., & Kurniawan, T. (2019). Analisis Sistem Keamanan Sistem Operasi ( Windows , Linux , MacOS ). Computers & Security, March.

Ismawati, & Kuswanto, J. (2020). Sistem Pakar Kerusakan Hardware Komputer. INTECH Informatika Dan Teknologi, 1(1), 17–23. http://journal.unbara.ac.id/index.php/INTECH.

Johnson, R., & Easttom, C. (2020). Security Policies and Implementation Issues, 3rd Edition by Robert Johnson Chuck Easttom (z-lib.org). https://www.jblearning.com/catalog/productdetails/9781284199840.

Nurul, S., Anggrainy, S., & Aprelyani, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keamanan Sistem Informasi: Keamanan Informasi, Teknologi Informasi Dan Network (Literature Review Sim). Ekonomi Manajemen Sistem Informas, 3(5). https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5.

Simanullang, P. M. (2021). PENGARUH PERANGKAT KERAS KOMPUTER DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN The Effect Of Computer Hardware In Management Information Systems. 10.31219/osf.io/c43en




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v6i2.4670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats