PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGESTIMASI LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK DENPASAR MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA

Anak Agung Ayu Putri Ardyanti, Abdriando Abdriando

Abstract


Pusat Statistik (BPS) adalah lembaga pemerintah nonkementrian yang bertanggung jawab melakukan pendataan statistik terhadap jumlah penduduk. Namun BPS Kota Denpasar mengalami kesulitan dalam mengestimasi laju pertumbuhan penduduk setiap tahunnya dikarenakan beberapa kendala. Padahal laju pertumbuhan pendudukan merupakan hal yang krusial diketahui oleh pemerintahan untuk menjadi bahan perhitungan pengembangan dan pengelolaan kota tersebut. Dengan mengetahui laju pertumbuhan penduduk, pengelola bisa membuat rancangan tata letak hunian untuk pengelola kota dapat menarik investor yang akan membawa pembangunan di kota tersebut. Data mining dapat diaplikasikan untuk mengetahui dan memprediksi laju pertumbuhan penduduk. Dengan menggunakan regresi linear berganda, data akan diolah dan menampilkan hasil yang akan dianalisis kedepannya bahwa laju pertumbuhan penduduk kota Denpasar kearah baik atau memburuk sehingga dapat diambil insight atau langkah strategis selanjutnya yang mungkin bisa diambil. Dalam penelitian ini, regresi linear menjadi model yang lebih baik dengan hasil range akurasi 85- 92% dengan biaya algoritma O(n2). Hasil dari regresi menafsirkan atau memprediksi tahun 2023 dan 2024 akan mengalami kenaikan sebesar 7,5% dan 12,25%.

Keywords


Regresi; Data Mining; Laju Pertumbuhan Penduduk; Denpasar

Full Text:

PDF

References


Act of the Republic of Indonesia (1998) ‘Undang Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan’, p. 63. Available at: http://www.komnasham.go.id/sites/default/files/dokumen/UU NO 39 TAHUN 1999 HAM_0.pdf.

Admin (2020) RapidMiner : Mengenal Aplikasi Data Mining Terkemuka di Dunia, doavers.com. Available at: https://www.doavers.com/blog/rapidminer-mengenal-aplikasi-data-mining-terkemuka-di-dunia (Accessed: 9 June 2022).

Romadhon, R. (2021) Inilah Pentingnya Data Dan Informasi Bagi Kemajuan Perusahaan, softwareseni.co.id. Available at: https://www.softwareseni.co.id/blog/pentingnya-data-dan-informasi#:~:text=Data memiliki peran krusial dalam,bagi informasi yang akurat pula. (Accessed: 28 March 2022).

Setiawan, R. (2021) Apa itu Data Mining dan Bagaimana Metodenya?, dicoding.com. Available at: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-data-mining/ (Accessed: 29 March 2022).

Sharda, R., Delen, D. and Turban, E. (2021) Analytics, Data Science, & Artificial Intelligence for Decision Support 11th Edition. Pearson.

Suhandi N., Kartika Putri E. A., Agnisa S., (2018) Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk terhadap Jumlah Kemiskinan Menggunakan Metode Regresi Linear di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Informatika Global.

Indriani I., Siregar D., Windarto3 A. P., (2022) Penerapan Metode Linear Regression dalam Mengestimasi Jumlah Penduduk. Jurikom (Jurnal Riset Komputer).

P. S. Ramadhan and N. Safitri, (2019) Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang,” Sains dan Komputer (SAINTIKOM).

D. Hartama, A. Perdana Windarto, and A. Wanto, (2019) The Application of Data Mining in Determining Patterns of Interest of High School Graduates, Journal of Physics: Conference Series.

H. Di Kesuma and R. Yanto, (2019) Data mining prediction production of water needs using simple linear regression algorithms, International Journal of Engineering and Advanced Technology.

G. N. Ayuni and D. Fitrianah, (2019) Penerapan Metode Regresi Linear Untuk Prediksi Penjualan Properti pada PT XYZ, Jurnal Telematika.

D. Muriyatmoko, (2018) Analisa Volume Terhadap Sitasi Menggunakan Regresi Linier Pada Jurnal Bereputasi di Indonesia, Jurnal Ilmiah Simantec.

M. Anjelita, A. P. Windarto, and D. Hartama, (2019) Pemanfaatan Datamining Pada Pengelompokan Provinsi Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup, KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer).

A. Wati, I. Indriani, T. S. S. Manihuruk, Sintya, I. Y. Manurung, and A. P. Windarto, (2019) Implementasi Datamining Pada Kasus Tenaga Listrik Yang Dibangkitkan Berdasarkan Provinsi,” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v6i1.4317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats