Analisis Antarmuka Website Studi Kasus Laku6.com Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Webqual 4.0

Agus Budiyantara, Mohammad Alief Wahyudi, Ilham Hadiwijaya, Daniel Wicaksono Utama Putra, Johanes Fernandes Andry

Abstract


Teknologi berkembang begitu cepat menyebabkan pertukaran informasi menjadi kebutuhan bagi semua orang, begitu juga dengan sikap dan perilaku manusia yang semakin bergantung pada teknologi. Salah satu teknologi yang sedang berkembang adalah E-Commerce. Dengan adanya E-Commerce telah merubah semua kegiatan dalam proses bisnis. Salah satu perusahaan yang mengandalkan teknologi E-Commerce adalah Laku6, laku6 merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jual-beli dan tukar tambah handphone bekas berbasis website, Laku6 termasuk yang sudah maju dikarenakan mereka menggunakan website untuk media promosi produk, laku6 mempunyai kekurangan yang terletak pada website yang belum begitu akurat dalam segi pencarian barang dan kurang menarik pengguna, maka tidak jarang para pengguna sedikit bingung ketika mereka mencari barang yang mereka inginkan. Dalam penelitian ini menggunakan questioner kepada 50 responden dengan metode WebQual 4.0. Berdasarkan dari analisa deskriptif website laku6.com memiliki tingkat penyampaian informasi yang baik. Berdasarkan penilaian responden tentang nilai WebQual aransemen website laku6 pada kategori Usability (0,918), Information Quality (0,925), Service Interaction (0,926), dan Customer Satisfaction (0,879) faktor yang paling penting terhadap kepuasan pengguna adalah Service Interaction terhadap kepuasan pengguna.


Keywords


E-Commerce; Webqual 4.0; Kepuasan Pengguna; Laku6

Full Text:

PDF

References


Andry, J. F., & Loisa, J. (2016). The E-Commerce Potential For Home-Based Business : A Case Study. Jurnal Ilmiah Fifo, 139.

Dhillon, R., & Kaur, S. (2012). Review Paper On E-Business & Crm. International Journal Of Computing & Business Research, 1.

Gangeshwer, D. K. (2013). E-Commerce Or Internet Marketing: A Business Review From Indian Context. International Journal Of U- And E- Service, Science And Technology, 1.

Handayani, S., Mesterjon, & Kanedi, I. (2014). Aplikasi E-Commerce Pada Pt. Purna Karya Medikalindo Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 1.

Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Irawan, C. (2012). Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir). Jurnal Sistem Informasi, 489.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 97.

Janti, S. (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains& Teknologi (Snast), A-157.

Kosasi, S. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar. Snastia, 1.

Kurniawati, R. A., Kusyanti, A., & Mursityo, Y. T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1154.

Kusuma, A. P., & Prasetya, K. A. (2017). Perancangan Dan Implementasi E-Commerce Untuk Penjualan Baju Online Berbasis Android. Jurnal Antivirus, 1.

Li, H., & Hong, J. (2013). Factors Influencing Consumers’ Online Repurchasing Behavior: A Review And Research Agenda. Ibusiness, 160.

Lupi, F. R. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 1.

Magdalena, H., & Ellyani, W. (2017). The Strategy Of Exploiting E-Commerce In The Marketing Of Bangka Peculiar Food (Case Study: Aneka Citra Snack). Cogito Smart Journal, 2.

Mardison. (2015). Perancangan Dan Implementasi E-Commerce Pada Rumah Songket Pusako Minang Pandai Sikek. Jurnal Komtekinfo Fakultas Ilmu Komputer , 1.

Nugroho, A. K., & Sari , P. K. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. E-Proceeding Of Management, 2934.

Sari, N. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar Di Kota Jambi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 212.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis , 2.

Sofian, S. (2017). Penerapan Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web (Studi Kasus Untuk Vendor Pernikahan). Jitekh, 53.

Sujono, & Santoso, H. B. (2017). Analisis Kualitas E-Learning Dalam Pemanfaatan Web Conference Metode Webqual (Studi Kasus: Universitas Kh. A. Wahab Hasbullah). Saintekbu : Jurnal Sains Dan Teknologi, 30.

Syaifullah, & Soemantri, D. O. (2016). Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Cv. Zamrud Multimedia Network). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 20.

Wibowo, A. T. (2013). Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pusat Oleh-Oleh Khas Pacitan Pada Toko Sari Rasa Pacitan. Indonesian Journal On Networking And Security, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v6i1.4310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats