APLIKASI PENYEWAAN AC BERBASIS WEB DI PT CAHAYA MANUNGGAL

Adih Wirya, Ignatius Adrian Mastan

Abstract


PT Cahaya Manunggal merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa penyewaan AC. Adapun permasalahan pada PT Cahaya Manunggal adalah penagihan yang dilakukan ditagihkan per tahun, sehingga harus membuat pihak PT Cahaya Manunggal harus membuat jadwal penagihan selama masa penyewaan AC. Akibat dari pembuatan yang dilakukan secara manual membuat seringkali terjadinya kesalahan dalam pembuatan tagihan. Pada penelitian ini akan difokuskan terhadap pembuatan sistem informasi aplikasi penyewaan AC untuk membantu PT Cahaya Manunggal dalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Pengembangan sistem informasi ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di PT Cahaya Manunggal ini. Pembuatan Sistem Informasi ini akan menggunakan Web sebagai dasar dari pengoperasian sistemya. Penggunaan web dilakukan dilakukan karena sistem yang di buat nantinya akan digunakan dan dioperasikan pada sebuah perusahaan yang alur kerjanya bisa berubah tergantung kebijakan maupun akan adanya penambahan fitur untuk membantu operasional perusahaan yang akan menimbulkan perubahan terkait sistem yang telah dirancang. Dengan demikian penggunaan website dilakukan agar dapat memudahkan apabila terdapat perubahan pada sistem sehingga user tidak perlu melakukan update ataupun install ulang untuk mendapatkan fitur terbaru, karena perubahan hanya dilakukan dari sisi server saja. Pembuatan sistem ini akan menggunakan alat bantu antara lain ERD, UML serta Mockup sebagai gambaran dari aplikasi yang akan dirancang. Penerapan Sistem Informasi berbasis web ini akan memudahkan PT Cahaya Manunggal dalam melakukan pencatatan serta penagihan operasional perusahaan mereka. Juga mempermudah dalam monitoring tiap transaksi-transaksi yangterjadi pada PT Cahaya Manunggal.

Keywords


Sistem informasi; Web; Aplikasi; Penyewaan

Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., Juliana, D., & Andriani, H. (2020).

Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Auerbach Publication;CRC PRESS. (2018).

Software Enginering with UML. Latukolan, M. L.

A., Arwan, A., & Ananta, M. T. (2019). Pengembangan Sistem Pemetaan Otomatis Entity Relationship Diagram Ke Dalam Database. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, III(4), 4058–4065. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j- ptiik/article/view/5117

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal.

Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), 6–12.

Tabrani, M., Suhardi, & Priyandaru, H. (2021). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Pada UNL Studio Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 13–21.

Pressman, R. (2015). Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8/E International Edition. https://doi.org/10.1145/336512.336521

Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206.

Ismanto, I., Hidayah, F., & Charisma, K. (2020). Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN) (Studi Kasus Unit Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2KM) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar). Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 69.

Yudarmawan, R. A., Sudana, A. A. K. O., & Arsa, D. M. S. (2020). Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer (JITTER), 1(2), 1–12.

Suryadi, S. (2019). Implementasi Normalisasi Dalam Perancangan Database Relational. U-NET Jurnal Teknik Informatika, 3(2), 20–26. https://doi.org/10.52332/u-net.v3i2.7




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v5i2.3781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats