ANALISIS SISTEM INFORMASI WEB PENJUALAN PADA PT. TETA DENGAN PENDEKATAN MODEL TAM

Yemima Monica Geasela, Henny Hartono, Denny Sutanto, Kevin Julian, Jonathan Setiawan

Abstract


Teknologi informasi, sistem informasi, serta segala ilmu pengetahuannya begitu berkembang dengan pesat saat ini, dan menjadikannya memiliki peran penting di dalam kehidupan masyarakat. Perkembangannya memberikan inovasi bisnis seperti adanya pendukung bisnis online yakni e-commerce. PT. TETA adalah suatu Perusahaan distribusi spare part komputer. PT. TETA mempunyai website dan berbagai e-commerce menggunakan platform E-commerce yang telah tersedia yang membuat User pun bisa membeli langsung dari PT. TETA. Peneliti melakukan analisis terhadap penggunaan web penjualan PT. TETA dengan menggunakan variabel desain antar muka, kemudahan penggunaan sistem, sikap pengguna, dan perilaku terhadap kondisi nyata penggunaan dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini lebih menekankan pada user pengguna website sebagai media yang digunakan dalam melakukan pemesanan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah didapatkannya Hasil uji TAM untuk mengetahui pandangan tentang pengguna sistem atau responden menyatakan pada jumlah persentase 61,66% jawaban responden rata – rata adalah Sangat Setuju dan 34.16 % jawaban responden rata – rata adalah Setuju bahwa web penjualan PT. Teta memudahkan klien dalam pemesanan barang. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda variabel yang memiliki pengaruh terhadap (Behavioral Intention To Use)(Y1) dan (Actual Use Behavior)(Y2) adalah desain antar muka (user design interface) (X1), dan kemudahan pengguna sistem (perceived easy of used) (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap (Behavioral Intention To Use)(Y1) dan (Actual Use Behavior)(Y2). Sedangkan yang tidak memiliki pengaruh adalah Sikap penerimaan (Attitude Toward Using) (X3). Berdasarkan nilai R square sebesar 0,500. Artinya 50 % Sikap Penerimaan dan Kondisi Nyata Pengguna Sistem Informasi dipengaruhi oleh variabel independen. Kemudian 50 % dipengaruhi oleh variabel lainnya.


Keywords


Technology Acceptance Model, E-Commerce, Kepuasan Pelanggan, Aplikasi Penjualan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v5i1.3462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats