Data Mining Menggunakan Metode Algoritma Apriori Pada Vending Machine Product Display

Nizirwan Anwar, Fransiskus Adikara, Ritta Setiyati, Rendi Satria, Agus Satriawan

Abstract


Perpindahan uang kartal menjadi uang digital, merupakan salah satu dampak dari berkembangnya suatu sistem transaksi online yang didasari oleh perkembangan teknologi informasi, hal ini mengakibatkan para pelaku bisnis khususnya di bidang retail mencoba memanfaat kan kesempatan ini untuk dapat memasarkan produk – produknya agar lebih dekat dengan pelanggannya, fenomena ini merupakan suatu strategi pemasaran yang modern yang pada tahun – tahun terakhir ini, memberikan inovasi instrumen pembayaran elektronis dengan pemasaran pada suatu mesin penjual otomatis produk makan yang akhir – akhir ini sudah banyak muncul keberadaannya. Namun sayangnya penataan produk pada mesin penjual otomatis tidak menarik pembeli, sehingga banyak produk yang tidak terjual. Melihat kasus ini, penggunaan metode algoritma apriori merupakan salah satu algoritma yang dapat memberikan solusi terhadap produk yang dijual pada mesin penjual otomatis.

Keywords


Python, Algoritma Apriori, Mesin Penjual Otomatis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v4i2.3004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats