Pembangunan Aplikasi Beasiswa Universitas XYZ Dengan Metode Electre

Julyanto Wijaya, Yemima Monica Geasela

Abstract


Dunia pendidikan secara umum dapat berfungsi sebagai roda yang dapat menggerakkan pembangunan ekonomi baik untuk individu maupun untuk kelompok. Semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin baik pendapatannya, semakin tinggi pendidikan seseorang, maka akan semakin banyak ilmu yang orang tersebut miliki. Dengan adanya pendidikan, banyak orang mampu untuk mengejar impian mereka. Namun untuk mengejar pendidikan tersebut untuk tujuan apa pun yang diinginkan, terdapat masalah keuangan yang terkadang menjadi kendala yang dapat menghentikan seseorang untuk menyelesaikan studinya. Untuk mengatasi kendala situasi keuangan ini, beberapa tempat pendidikan memiliki program yang disebut beasiswa dimana program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki keinginan untuk meneruskan jenjang pendidikannya. Universitas XYZ adalah salah satu dari banyak universitas di Indonesia yang memiliki program beasiswa ini yang diatur sepenuhnya oleh sebuah unit di Universitas yang disebut dengan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM). Namun, melihat kekurangan tenaga kerja membuat unit PKM sedikit merasa kewalahan saat mengelola calon penerima beasiswa yang mendaftarkan permohonannya untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Akibat dari hal tersebut, seringkali hasil dari penerima beasiswa mengalami keterlambatan proses pemilihan karena pemilahan tersebut dilakukan secara manual oleh tenaga PKM. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan solusi untuk mempermudah kerja unit PKM dalam memproses data-data calon pelamar dengan dibuatnya aplikasi seleksi beasiswa. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode ELECTRE dan dari penelitian ini didapatkan hasil yang cukup baik untuk mengolah calon pelamar beasiswa dengan tingkat kesalahan satu dari lima data (1 dari 5).

Keywords


Pengembangan Sistem, ELECTRE, Transformasi Pendidikan, Logika Fuzzy

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v4i2.2998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats