AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS: PT MEDIA CETAK)

Rouly Doharma, Agustinus Adi Prawoto, Johanes Fernandes Andry

Abstract


Perusahaan menyadari bahwa untuk mencapai tujuan bisnisnya diperlukan teknologi yang dapat mendukung berjalannya proses bisnis perusahaan. Karena itu perusahaan menerapkan aplikasi Microsoft system center yang berfungsi sebagai media komunikasi dari seluruh devisi perusahaan untuk melakukan pengaduan keluhan atau eror yang terjadi agar segera ditangani. System ini dikelola oleh divisi helpdesk and service (HDS) yang bertugas untuk mengatasi dan menyediakan segala kebutuhan IT kepada setiap devisi dalam perusahaan. Masalah yang sedang terjadi adalah aplikasi tidak dapat digunakan secara maksimal dalam hal mengkategori keluhan yang dilaporkan. Sehingga seluruh keluhan masukkan dalam kategori incident karena untuk ketegori masalah yang lainnya perlu dilakukan konfigurasi terlebih dahulu dan membutuhkan waktu yang lama dan sulit dilakukan oleh karyawan. Maka penulis melakukan analisis menggunakan framework COBIT 5 dalam penelitian ini. Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung ke perusahaan dengan tujuan mendapatkan informasi yang akurat. Domain yang digunakan oleh penulis adalah delivery, service and support (DSS) yang berfokus pada IT proses DSS03. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan perusahaan mencapai nilai IT proses DSS03 berada pada 2.8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan telah melakukan identifikasi, mengklarifikasi dan memberikan resolusi yang tepat meski masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki oleh perusahaan

Keywords


PT Media Cetak; HelpDeskService; Audit; COBIT 5; DSS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v4i1.2730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.