Segmentasi Popularitas Akun Youtube Menggunakan Metode ID3

Bernadus Gunawan Sudarsono, Rahma Saputra, Ferik Utomo, Christian Wijaya

Abstract


Internet bukan merupakan hal yang awam di era digital seperti ini, hampir disetiap kalangan dunia dapat mengakses internet dengan mudah. Dengan akses internet  yang mudah didapatkan  hampir seluruh kalangan masyarakat di Indonesia, membuat masyarakat mudah mengakses media sosial yang tersedia didalam internet. Salah satu media yang menyediakan tontonan atau video dengan berbasis internet adalah Youtube. Youtube berdiri sejak tahun 2005, namun baru populer dan dapat diakses oleh masyarakat Indonesia secara luas dalam beberapa tahun terakhir. Didalam youtube terdapat data-data mengenai aktivitas didalam youtube itu sendiri, terutama adalah data mengenai channel youtube yang memiliki jumlah subscriber, total views, dan lain-lain. Didalam jurnal ini kami akan membahas mengenai grade yang didapatkan oleh suatu channel youtube dengan dilakukannya pengolahan Big Data mengenai channel youtube. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif dimana data akan diolah untuk membuat deskripsi secara sistematis,faktual, serta akurat pada fakta atau sifat populasi tertentu. Penelitian bertujuan untuk menguji tingkat popularitas beberapa channel youtube dari banyaknya upload serta pelanggan dan juga banyaknya orang yang melihat video. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya tingkat popularitas (yang dinilai berdasarkan view, subscriber, dan upload) dari total 5001 channel youtube yang berbeda dapat yang mempunyai urutan sebagai berikut : (A++,A+,A,A-,B+)

Keywords


Big data; Media sosial; Youtube; Grade; Popularitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v3i2.2269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats