Analisa Aplikasi Klinikmedika Berbasis Risiko Dengan Itil Pada Domain Service Design
Abstract
Klinikedika adalah sebuah aplikasi klinik yang dibuat sendiri oleh Perusahaan Software House guna memberikan kemudahan bagi pihak klinik maupun rumah sakit dalam memberikan layanan kepada para pasien yang datang untuk berobat, layanan yang diberikan dalam aplikasi ini berupa registrasi pasien, pemilihan dokter, melakukan medical check-up, pencatatan track pasien, pembayaran dan juga mencetak lembar dokumen data pasien. Namun aplikasi Klinikedika belum pernah melakukan evaluasi terkait penggunaan aplikasi tersebut, sebagai penyedia layanan aplikasi Klinikedika, penting bagi Software House untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap aplikasi mereka agar dapat beroperasi dengan sebagaimana mestinya dan membantu kegiatan operasional di klinik dan rumah sakit. Oleh sebab itu, dilakukanlah pengukuran tingkat kematangan pada aplikasi Klinikedika yang berfokus pada seluruh domain di Service Design (Service Catalogue Management; ServiceĀ Level; Capacity Management; Availability; IT Service Continuity; Supplier Management) pada kerangka kerja ITIL Versi 3. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan wawancara, yang kemudian datanya akan dianalisis menggunakan analisis berbasis risiko, sehingga hasil yang akan didapatkan nantinya berupa proses bisnis di dalam aplikasi, maturity level pada setiap domain yang ada di Service Design dan temuan hasil berbasis risiko pada aplikasi Klinikedika tersebut
Keywords
Maturity Level; ITIL Versi 3; Service Design; Analisis Risiko; Proses Bisnis
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v3i2.2267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2620-7907