Aplikasi Persediaan Barang Pada Pt Bank Central Asia Tbk Cabang Rajawali

Devi Yurisca Bernanda

Abstract


Perkembangan teknologi informasi pada zaman sekarang ini sangat pesat di dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Oleh karena kesadaran akan pentingnya penggunaan sistem informasi yang terkomputerisasi dalam dunia perbankan, maka dilakukan perancangan aplikasi pencatatan persediaan barang pada PT Bank Central Asia Tbk Cabang Rajawali yang bergerak dalam bidang perbankan agar dapat mendukung proses bisnis yang ada di perusahaan yaitu pada proses pencatatan persediaan barang, sehingga memudahkan perusahaan dalam mencatat stok yang ada dan menciptakan suatu sistem yang terintegrasi dengan baik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengumpulan data dan metode pengembangan sistem. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, studi pustaka, dan studi lapangan. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem adalah metode waterfall dengan menggunakan pendekatan terstruktur.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Bank Central Asia Tbk Cabang Rajawali masih menggunakan cara manual dalam pencatatan sistem persediaan barang sehingga kurang efektif karena masih menggunakan buku tulis dalam pencatatan sistem tersebut. Ketika terjadi kesalahan dalam pencatatan persediaan barang, hal tersebut akan mengakibatkan laporan dalam buku persediaan barang tersebut kurang rapi dan harus dicorat – coret. Berdasarkan hasil analisis sistem yang sudah berjalan maka dibangunlah suatu aplikasi  yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam pemecahan masalah serta membantu perusahaan dalam mengontrol proses bisnisnya.


Full Text:

PDF

References


Barbosa, S. C., Rodello, I. A., & Silvia , d. I. (2014). Performance Measurement of Information Technology Governance in Brazilian Financial Institutions. JISTEM - Journal of Information Systems and Technology Management Volume 11 No. 2, 397-414.

Darnton, Geoffrey.(2012), Bussiness Process Analysis,Requirement Analytics,Bournemouth.

Kendall, Kenneth dan Julie E.Kendal.(2010), Analisis dan Perancangan Sistem Edisi Kelima Jilid 1, PT Indeks, Jakarta.

Nugharanti, F. (2015). Perancangan Sistem Informasi Inventory Sparepart Mesin Fotocopy Dengan Menggunakan Visual Delphi 7 (Studi Kasus di UD Eka Taruna Madiun). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Nugharanti, F. (2015). Perancangan Sistem Informasi Inventory Sparepart Mesin Fotocopy Dengan Menggunakan Visual Delphi 7 (Studi Kasus di UD Eka Taruna Madiun). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Rubino, M., Vitolla, F., & Garzoni, A. (2017). The Impact of an IT Governance Framework on The Internal Control Environment.

Records Management Journal Vol. 27 Issue: 1, 19-41.

Stair, R., & Reynolds, G. (2010). Principles of Information Systems A Managerial Approach. USA: Course Technology.

Sumarlin, J. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Akademi Pariwisata Stipary Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 ISSN :2089-9815.

Suryantara, I Gusti Ngurah.(2014), Merancang Aplikasi Akuntansi dengan VB.Net Dengan Pendekatan Prosedural dan Berorientasi Objek, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Tonelli, A. O., Zambalde, A. L., Brito, M. J., Bermejo, P. H., &

Todesco, J. ´. (2012). Implementation of Information Technology Governance Through IT Strategic Planning. African Journal of Business Management Volume 6 No 45, 1179-11189.

Peslak, A. R. (2012). An Analysis of Critical Information Technology Issues Facing Organizations. Industrial Management & Data Systems Volume 112 No 5, 808-827.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v2i1.1500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats