Pembangunan Aplikasi Pendataan Rumah Sehat Terintegrasi Berbasis Web

Yohanes Puguh Suharjito, Nina Setiyawati

Abstract


Rumah adalah struktur fisik terdiri dari ruangan, halaman dan area sekitarnya yang dipakai sebagai tempat tinggal dan sarana pembinaan keluarga dimana 70% waktu seseorang dihabiskan. Konstruksi rumah dan lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan dapat menyebabkan orang terkena beberapa risiko kesehatan dan juga menjadi faktor risiko penularan berbagai jenis penyakit khususnnya penyakit berbasis lingkungan seperti Demam Berdarah Dengue, Malaria, Flu Burung, TB Paru dan lain-lain. Pendataan rumah sehat tersebut dilakukan oleh Puskesmas dan melaporkannya ke Bidang Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota (DKK). Kendala yang dihadapi Bidang Penyehatan Lingkungan DKK Salatiga adalah belum adanya sistem yang terintegrasi antara Puskesmas dan Bidang Penyehatan Lingkungan DKK dalam mengelola data rumah sehat. Hal ini menyebabkan tidak efisiennya proses pelaporan data dari Puskesmas juga pengarsipan data rumah sehat baik di Puskesmas amupun di Bidang Penyehatan Lingkungan DKK. Pada penelitian ini dibangun Aplikasi Pendataan Rumah Sehat yang terintegrasi antara Puskesmas dengan Bidang Penyehatan Lingkungan DKK. Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, jQuery, dan framework CSS Bootstrap yang membantu dan mempermudah proses pelaporan serta pengelolaan data rumah sehat baik di Puskesmas maupun di Bidang Penyehatan Lingkungan DKK.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Salatiga. Kota Salatiga dalam Angka 2018. Salatiga: BPS Kota Salatiga.

Baker M, Keall M, Au EL, Howden-Chapman P. Home is Where The Heart Is – Most of The Time. New Zealand Medical Journal. (2007); 120(1264):U2769.

Depkes RI. (2002). Pedoman Teknis Penilaian Rumah Sehat. Jakarta : Ditjen PPM dan PL.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017.

Hasibuan, Z.A., (2007). Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Jakarta : Ilmu Komputer Univesitas Indonesia.

Kepmenkes RI No. 829/Menkes/SK/VII/1999 tentang Persyaratan Kesehatan Perumahan. Jakarta : Departemen Kesehatan R.I.

Likert RA. (1932). Technique for The Measurement of Attitudes. Archives of Psychology, 140 pp: 1-55.

Undang-Undang Republik Indonesia No 4 Tahun 1992 Tentang Perumahan dan Permukiman.

Utomo, Tri, dkk., (2014), Sistem Informasi Penyuluhan Posyandu Berbasis Web Mobile. Dinamika Informatika Vol 6 No 2.

World Health Organization. WHO Housing and Health Guidelines. 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v2i1.1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats