Penerapan Quality Assurance pada PT.XYZ untuk Proses Perencanaan Menggunakan Framework COBIT 4.1 Domain PO

Roby Wijaya

Abstract


Pada hari ini, teknologi informasi menjadi salah satu hal terpenting dalam kehidupan. Dan audit SI menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan dalam memastikan kualitas dari teknologi informasi. Melihat banyak adopsi teknologi informasi yang gagal karena organisasi meremehkan proses perencanaan. Karena itu, teknologi informasi di perusahaan harus dikelola dan dioptimalkan dengan audit SI. Salah satu panduan manajemen teknologi informasi adalah COBIT 4.1 (Control Objectives for Information and Related Technology 4.1) yang terpisah menjadi 4 domain, dan dibagi menjadi 34 proses. Itu 4 domain bernama Plan and Organise (PO), Acquire and Implement (AI), Delivery and Support (DS) dan Monitor and Evaluate (ME). Dengan menggunakan COBIT 4.1 sebagai pedoman manajemen teknologi informasi, akan diketahui tingkat manajemen teknologi informasi di perusahaan berdasarkan model maturity yang telah disediakan oleh COBIT 4.1. Penelitian ini akan difokuskan pada domain PO (dengan pengecualian PO4, PO5, PO7 dan PO8) dan akan dilakukan di PT.XYZ, yang bermain pada bidang IT Consultant and Outsourcing. Penilaian keseluruhan pada domain PO mendapatkan skor 0,8 dengan skor tertinggi 1,2 pada PO1; PO10 dan skor terendah 0,5 pada PO9. Oleh karena itu peneliti menyarankan beberapa rekomendasi kepada PT.XYZ untuk memperbaiki proses perencanaan sebagai pedoman COBIT 4.1.

Full Text:

PDF

References


Andry, J. F. (2016). Performance Measurement of IT Governance: A Case Study. JSI.

Andry, J. F., & Hartono, H. (2017). Performance Measurement of IT Based on COBIT Assessment: A Case Study. Association for Information Systems – Indonesia chapter (AISINDO).

Harwikarya, Sadikin, M., Fitrianah, D., Sarinanto, M. M., Nurhaida, I., & Dwiyanto, A. R. (2015). IS Strategic Plan for Higher Education Based on COBIT Assessment: A Case Study. International Journal of Information and Education Technology.

ISACA. (2010). CISA Review Manual 2010. Rolling Meadows, IL USA: ISACA.

IT Governance Institute. (2007). COBIT 4.1. USA: ISACA.

Khther, R. A., & Othman, D. (2013). COBIT Framework As A Guidelines of Effective IT Governance In Higher Education: A Review. International Journal of Information Technology Convergence and Services (IJITCS).

Sadikin, M., Hardi, H., & Haji, W. H. (2014). IT governance self assessment in higher education Based on COBIT case study: University of Mercu Buana. J. Adv. Manag. Sci.

Weber, R. (1999). Information System Control and Audit. New Jersey: Prentise-hall, Inc.

Yousif, S. T., & Sulaiman, H. (2015). Conceptual Framework for Successful ITGovernance for E-Government Services. The 3rd National Graduate Conference.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v1i1.1142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats