FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN AKOMODASI HOTEL MEWAH DI HOTEL X
Abstract
Bandung yang dikenal dengan pemandangan alamnya yang asri serta fasilitas yang lengkap. Di tengah persaingan ketat di industri perhotelan, terutama pada segmen hotel berbintang lima, berbagai faktor seperti harga, citra merek, ulasan tamu, dan lokasi menjadi pertimbangan penting bagi konsumen dalam menentukan pilihan akomodasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh keempat variabel tersebut terhadap minat beli konsumen dalam memilih Akomodasi sebagai tempat menginap.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei di mana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 400 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan data dianalisis menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 25. Metode analisis yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, serta regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen yang telah ditentukan yaitu harga, brand image, guest review, dan lokasi terhadap variabel dependen adalah minat beli.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh seluruh variabel independen yakni Harga (X1), Citra Merek (X2), Ulasan Tamu (X3), dan Lokasi (X4) terbukti secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli konsumen. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji F sebesar 56,217 yang lebih besar dari nilai F tabel (3,68) serta nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Secara parsial, keempat variabel tersebut juga memberikan pengaruh terhadap minat beli, dengan nilai uji t berturut-turut yaitu 4.030 untuk Harga, 3.257 untuk Brand Image, 2.610 untuk Guest Review, dan 6.436 untuk Lokasi. Hal ini mengindikasikan bahwa citra merek yang kuat dan ulasan positif dari tamu sebelumnya menjadi faktor utama yang mendorong konsumen untuk memilih hotel tersebut sebagai akomodasi mewah.
Berdasarkan hasil temuan ini, disarankan kepada pihak manajemen Hotel untuk terus memperkuat brand image melalui strategi komunikasi yang konsisten dan menyesuaikan strategi harga dengan persepsi nilai konsumen. Selain itu, pengelolaan ulasan tamu secara proaktif dan peningkatan kemudahan akses ke lokasi hotel juga perlu diperhatikan guna meningkatkan minat beli dan daya saing hotel di pasar akomodasi mewah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, M., Nurlenawati, N., Triadinda, D., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Buana Perjuangan Karawang, U. (2023). The Influence Of Online Customer Review And Customer Rating On Interest In Buying Fashion Products On The Shopee Platform (Study On Management Students At University Buana Perjuangan Karawang) Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap M. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 9373–9392.
Anggi, A. A. S. (2022). Analisis Rasio Keuangan APBD Untuk Menilai Kinerja Keuangan Daerah Kota Medan Tahun 2016-2020. Akuntansi Prima, 4(1), 104–115.
Arvadi Hutagalung, Suasana Hisanty Tobing, S. (2025). DALAM INDUSTRI FASHION. 39–52.
Ashfaq, M., Ul Haq, I., Pham, H. C., Ullah Jan, I., & Shahzad, K. (2025). Critical determinants of intentions to revisit smart hotels: an examination of smart service interactional experience, emotions, and technophilia. Journal of Hospitality Marketing & Management, 34(5), 627–650.
Bhowmick, D. (2022). Impact of brand design on consumer perception and decision making. International Journal of Business Forecasting and Marketing Intelligence, 7(4), 375–386.
Chalupa, S., & Petricek, M. (2024). Understanding customer’s online booking intentions using hotel big data analysis. Journal of Vacation Marketing, 30(1), 110–122.
Cherdouh, S., Kherri, A., Abbaci, A., & Kebir, S. (2022). Using Sentiment Analysis of Online Hotel Reviews To Explore the Effect of Information and Communication Technologies on Hotel Guest Satisfaction. Journal of Tourismology, 8(1), 49–67.
Choudhury, N., Mukherjee, R., Yadav, R., Liu, Y., & Wang, W. (2024). Can machine learning approaches predict green purchase intention?-A study from Indian consumer perspective. Journal of Cleaner Production, 456, 142218.
del Carmen Pérez-Ricardo, E., & Garcia-Mestanza, J. (2025). Exploring booking intentions through price elasticity of demand in tourism accommodations using large-scale data analytics. European Research on Management and Business Economics, 31(1), 100271.
Delvianti, D. (2023). Analisis Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Aset Tetap Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Di Kelurahan Pulo Gebang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Dwilestari, N. K., Pitanatri, P. D. S., & Suastini, N. M. (2024). The Influence of Price and Celebrity Endorsement via Instagram on Generation Y Tourists’ Purchase Interest at the St. Regis Bali Resort. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 3(4), 381–394.
El-Said, O. A. (2020). Impact of online reviews on hotel booking intention: The moderating role of brand image, star category, and price. Tourism Management Perspectives, 33, 100604.
Ella Anastasya Sinambela, & Didit Darmawan. (2021). Pengaruh Total Quality Management Dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Organisasi. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 1(4), 01–12. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v1i4.270
Galieno, R., Rahmawati, V., & Mettan, S. V. (2021). Peran Kualitas Produk dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Coklat. Journal of Emerging Business Management and Entrepreneurship Studies, 1(2), 259–272.
Gazi, M. A. I., Al Mamun, A., Al Masud, A., Senathirajah, A. R. bin S., & Rahman, T. (2024). The relationship between CRM, knowledge management, organization commitment, customer profitability and customer loyalty in telecommunication industry: The mediating role of customer satisfaction and the moderating role of brand image. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(1), 100227.
Ghozali. (2021). APLIKASI ANAL ISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 26 IBM" SPSS" Statistics ».
Imanulah, R., Andriyani, I., & Melvani, F. N. (2022). Pengaruh Citra Toko, Varian produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Pancious SOMA Palembang. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 285–295.
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger:(Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105–126.
Ishak, R. A., Laekkeng, M., & Mahmud, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Karawo di Kota Gorontalo. Jurnal Online Manajemen ELPEI, 4(2), 1059–1068.
Joewono, T. B., Wirayat, M. Y. F., Belgiawan, P. F., Andani, I. G. A., & Gunawijaya, C. (2023). Users’ preferences in selecting transportation modes for leisure trips in the digital era: Evidence from Bandung, Indonesia. Sustainability, 15(3), 2503.
Kinerja, T., Hatoguan, O., Hia, P. S., Saputra, W. I., & Setiawan, B. (2025). Struktur Organisasi dan Efektivitas Operasional Hotel Berbintang 5 :
Krisna, Mukhsin, A., Yulius, Y., Manajemen, P. S., & I, F. E. B. U. P. I. Y. A. (2024). Strategi Promosi Untuk Mendorong Minat Beli Konsumen. 7(3), 259–265.
Kurniawan, R., & Auva, M. A. (2022). Analisis pengaruh kepuasan, kualitas layanan, dan nilai harga terhadap loyalitas pelanggan pada Restoran Seafood di Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1479–1489.
Lvov, A., & Komppula, R. (2024). The essence of the hotel room in the hotel business–the hotel managers’ perspective. European Journal of Tourism Research, 36, 3609.
Ly, N. T. H., & Le-Hoang, P. V. (2020). The effects of perceived usefulness, positive online customer review, brand image, price on purchase intention: the case of online hotel booking. International Journal of Management (IJM), 11(6), 1012–1018.
Mahartana, M. N. A., & Nainggolan, B. M. H. (2022). Meningkatkan Niat Pembelian Ulang Pelanggan Horison Ultima Bekasi Melalui Sosial Media Marketing dan Persepsi Harga: Peran Intermediate Terhadap Kepuasan. Panorama Nusantara, 17(1), 1–19. https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/panoramanusantara/article/view/2223/1508
Maulana, N. (2024). Do hotel facilities matter for the customer? Analyzing the impact of risk perception toward guest satisfaction mediated by accommodation attributes in the hospitality industry. Journal of Tourism Management Research, 11(2), 267–280.
Megawati, N. K. R., Wisnawa, I. M. B., & Trianingrum, N. N. N. (2024). Pengaruh Lokasi Harga Kamar Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Capella Ubud Bali. Bali Journal of Hospitality, Tourism and Culture Research, 1(2), 152–164.
Muhammad, M. H., Hidayanti, I., Haji, S. A., & Sabuhari, R. (2025). The Influence of Tourist Experience on Revisit Decisions with the Mediation of Tourist Satisfaction. ArXiv Preprint ArXiv:2506.06552.
Noviastuti, N., & Cahyadi, D. A. (2020). Peran Reservasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Tamu Di Hotel Novotel Lampung. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Perhotelan), 3(1), 31–37.
Ogbunankwor, C. E., Nkoli, A. C., & Nwangene, O. C. (2022). The influence of cleanliness and location on consumer choice of hotels: A Nigerian study. European Journal of Hospitality and Tourism Research, 10(3), 23–46.
Praptiningrum, D. A., & Talumantak, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap di Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), 12–25.
Purwaningrum, H., & Syamsu, M. (2021). Hospitality Industry. Insan Cendekia Mandiri.
Ramadhan, K. Z., & Suharto, B. (2024). Digital Transformation in the Hospitality Sector: Exploring the Role of Technology in Streamlining Hotel Operations: Transformasi Digital Di Bidang Hospitalitas: Menjelajahi Peran Teknologi Dalam Memperlancar Operasional Hotel. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 14(2), 181–192.
Retnowati, E., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Anastasya, E. S. (2021). Pengaruh pencapaian kepuasan konsumen rumah makan berdasarkan kesan kualitas produksi dan harga. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 1381–1389.
Riyanto, J., Widyawati, S. D., & Sudibya, S. (2020). Pengaruh perbedaan rasio menir kedelai proteksi dan tanpa proteksi terhadap konsumsi, kecernaan dan nilai nutrien pakan Domba Ekor Gemuk. Livestock and Animal Research, 18(3), 240–245.
Román, S., Riquelme, I. P., & Iacobucci, D. (2024). Antecedents and consequences of perceived helpfulness of extremely positive and exaggerated reviews. Journal of Retailing and Consumer Services, 80, 103907.
Sari, N. K. Y. P., Pantiyasa, I. W., & Suwintari, I. G. A. E. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli konsumen di Mercure Bali Legian. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(2), 569–581.
Sekarningrum, E. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Kopi, Lokasi, Suasana, Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Di Kedai Kopi Serab. 1–170.
Soewarno, E., Hudiyani, A., & Sugiarti, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Abadi Di Pangkalan Bun. Magenta, 9(2), 93–100.
Sugiyono, D. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, D. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D.
Teressa, B., Lukito, J. I., Aprilia, A., & Andreani, F. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Wizz Drive Thru Gelato Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(1), 1–14.
Terho, H., Mero, J., Siutla, L., & Jaakkola, E. (2022). Digital content marketing in business markets: Activities, consequences, and contingencies along the customer journey. Industrial Marketing Management, 105, 294–310.
Thandzir, M. (2023). Kebangkitan Industri Hospitality Di Kota Batam Pasca Pandemi Covid 2019. Jurnal Mata Pariwisata, 2(1), 34–40.
Trebicka, B., Tartaraj, A., & Harizi, A. (2023). Analyzing the relationship between pricing strategy and customer retention in hotels: A study in Albania. F1000Research, 12, 690.
Vargas-Calderón, V., Moros Ochoa, A., Castro Nieto, G. Y., & Camargo, J. E. (2021). Machine learning for assessing quality of service in the hospitality sector based on customer reviews. Information Technology & Tourism, 23(3), 351–379.
Vidianto, R., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3 Prabayar by Indosat di Kota Tuban, Jawa Timur. Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 10(3), 188–197.
Wardhana, A. (2016). Perilaku Konsumen di Era Digital.
Wicaksono, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Angkringan Akropi Rawasari). Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia Jakarta.
Wiyanti, S., Rahma, M. Y., Kusuma, P., Rahajeng, B., & Pramushinta, A. D. (2025). Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Coffeeshop Budaya Kopi Kota Tegal.
Wulansari, N., Abrian, Y., & Adrian, A. (2021). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Menginap. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(02), 171–182.
Yahya, A., Nuryakin, N., & Handayani, S. D. (2024). The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Customer Purchase Decisions and Customer Advocacy Behavior: A Study on Consumers of Kapal Api Coffee Brand. International Journal of Social Science and Human Research, 7(03), 2101–2110.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis penelitian kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102.
Yang, H., Putri, A. R., Muhammad, A. M. aly, Rohman, A., Fadhilah, H. N., Prabaswara, I. W., Fikri, T. M., & Putri, R. F. (2021). Spatio-temporal assessment of rice self-sufficiency in West Sulawesi Province, Indonesia. E3S Web of Conferences, 325. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202132506010
Yang, X. (2022). Consumers’ purchase intentions in social commerce: the role of social psychological distance, perceived value, and perceived cognitive effort. Information Technology & People, 35(8), 330–348.
Yoo, Y., Park, Y., Lim, D., & Seo, D. (2022). 5-Star Hotel Customer Satisfaction Analysis Using Hybrid Methodology. ArXiv Preprint ArXiv:2209.12417.
Yu, M., Cheng, M., Yang, L., & Yu, Z. (2022). Hotel guest satisfaction during COVID-19 outbreak: The moderating role of crisis response strategy. Tourism Management, 93, 104618.
Zhang, L., Ma, Y., Mahmood, R., & Pan, X. (2025). Balancing consistency and incongruence: Influences on consumer booking intentions in the sharing economy. Tourism Management, 109, 105134.
Zhao, X., Xu, Z., Ding, F., & Li, Z. (2024). The influencers’ attributes and customer purchase intention: The mediating role of customer attitude toward brand. SAGE Open, 14(2), 21582440241250120.
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v11i2.9269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)


