Strategi Pengembangan Pemasaran Media Sosial di Kampung Ekowisata Keranggan Tangerang Selatan

Luisa Wijaya, Roels Puspadewi

Abstract


Kampung Ekowisata Keranggan memiliki alam yang indah dan beberapa daya tarik lain yang mampu membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Namun, kampung ekowisata ini masih kurang memanfaatkan teknologi dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pengembangan pemasaran media sosial di Kampung Ekowisata Keranggan. Promosi yang baik akan memudahkan wisatawan untuk mendapatkan informasi dan meningkatkan minat berkunjung wisatawan. Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan akan membuat destinasi wisata mampu bersaing dengan destinasi lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jumlah informan yaitu 7 orang yang ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis SWOT dan analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman. Kampung Ekowisata Keranggan perlu menerapkan beberapa strategi pengembangan pemasaran media sosial diantaranya membuat media sosial yang lebih terstruktur, menggunakan hook pada konten, mengunggah testimoni wisatawan, berkolaborasi dengan influencer, membuat paket wisata khusus keluarga, membuat paket berlangganan, dan memberikan promo khusus bagi wisatawan yang mengunggah konten berwisata di kampung ekowisata tersebut.Kampung Ekowisata Keranggan memiliki alam yang indah dan beberapa daya tarik lain yang mampu membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Namun, kampung ekowisata ini masih kurang memanfaatkan teknologi dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pengembangan pemasaran media sosial di Kampung Ekowisata Keranggan. Promosi yang baik akan memudahkan wisatawan untuk mendapatkan informasi dan meningkatkan minat berkunjung wisatawan. Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan akan membuat destinasi wisata mampu bersaing dengan destinasi lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jumlah informan yaitu 7 orang yang ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis SWOT dan analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman. Kampung Ekowisata Keranggan perlu menerapkan beberapa strategi pengembangan pemasaran media sosial diantaranya membuat media sosial yang lebih terstruktur, menggunakan hook pada konten, mengunggah testimoni wisatawan, berkolaborasi dengan influencer, membuat paket wisata khusus keluarga, membuat paket berlangganan, dan memberikan promo khusus bagi wisatawan yang mengunggah konten berwisata di kampung ekowisata tersebut.

Keywords


Strategi Pengembangan; Pemasaran Media Sosial; Kampung Wisata; Keranggan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v11i2.8998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.