TANTANGAN DAN ADAPTASI PRAMUKAMAR DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEBERSIHAN PADA MASA NEW NORMAL DI FAVE HOTEL PANTAI LOSARI MAKASSAR

Firda Rahmayanti, Indria Widyawan, Yogiyana Mulyani, Nurfina Nurfina

Abstract


Industri perhotelan merupakan salah satu sektor yang terdampak signifikan akibat pandemi COVID-19, dengan penurunan drastis tingkat hunian akibat berkurangnya aktivitas perjalanan wisata. Salah satu aspek yang mengalami perubahan besar adalah layanan kebersihan hotel, yang harus beradaptasi dengan standar protokol kesehatan yang lebih ketat untuk meningkatkan kepercayaan tamu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis tantangan dan strategi adaptasi pramukamar di Fave Hotel Pantai Losari Makassar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SOP yang ketat membantu meningkatkan kualitas layanan, tetapi masih terdapat kendala dalam pemahaman SOP, efisiensi kerja, serta penggunaan teknologi kebersihan. Pelatihan berkelanjutan dan pengawasan yang efektif diperlukan untuk meningkatkan adaptasi pramukamar terhadap standar kebersihan di era New Normal.

Keywords


housekeeping, cleaning services, new normal

Full Text:

PDF

References


Afrizal, M. A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/metode-penelitian-kualitatif-afrizal/

Ariesni, S., & Asnur, L. (2021). Disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(3), 363–369.

Barida, M. (2018). Model experiential learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan bertanya mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 153–161.

Geba, A. S., & Aswan, M. K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Restoran Hotel Grand Arkenso Semarang. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 6(4), 1508–1515.

Gultom, J. F., Hutajulu, Y., Sirait, A. T., Nainggolan, G. A., & Pahabol, S. (2025). Pentingnya Edukasi Kebersihan dan Kesehatan untuk Menunjang Layanan yang Berkualitas di Lingkup Pariwisata. Hukum Inovatif: Jurnal Ilmu Hukum Sosial Dan Humaniora, 2(1), 244–249.

Hidayat, R., & Hayati, H. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Sop Perawat Pelaksana Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Di Rawat Inap Rsud Bangkinang. Jurnal Ners, 3(2), 84–96.

Indonesia, P. R. (2012). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, 4.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku aparatur dan komunikasi birokrasi dalam pelayanan publik). Media Sahabat Cendekia.

Parta, I. K. W., Ismail, D., & Wijaya, N. S. (2023). Pengaruh pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(8), 1751–1771.

Purba, J. H. V., Fathiah, R., & Steven, S. (2021). The impact of Covid-19 pandemic on the tourism sector in Indonesia. Riset: Jurnal Aplikasi Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 389–401.

Putra, C. G. A. K., Fatimah, D. P., & Nugraha, R. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Front Office Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengelolaan Hotel Horison Bekasi. Jurnal Daya Saing, 9(1), 92–104.

Saadah, S., Shaleh, K., Arwaty, D., Sukmawati, F., Mulyawan, R. F., & Nababan, D. (2023). Analisis sektor industri pariwisata yang terdampak Covid–19 dan upaya pemulihan ekonomi indonesia dari sektor pariwisata. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 247–257.

Sitorus, S., & Sembiring, R. C. D. (2022). TINJAUAN TENTANG STANDART OPERASIONAL PROSEDUR PEMBERSIHAN KAMAR DI DEPARTMENT HOUSEKEEPING PADA HOTEL HOLIDAY INN RESORT BATAM. Jasmien, 2(03), 378–383.

Syam, S. (2020). Pengaruh Efektifitas Dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Banggae Timur. Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, 4(2), 128–152.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v11i1.8111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.