Analisis Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Pariwisata Pada Program Penguatan Profesi Kependidikan (P3K)
Abstract
Program Penguatan Profesional Kependidikan (P3K) Universitas Pendidikan Indonesia merupakan program yang disiapkan dalam mengakomodir Merdeka belajar kampus merdeka dalam keahlian mengajar. Melalui program ini, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi lulusan sebagai calon guru yang berkompeten dibidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi mahasiswa Program Pendidikan Pariwisata Angkatan 2019 dalam kegiatan Program Penguatan Profesional Kependidikan (P3K) pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata di Jawa Barat. Menjadi calon guru bidang pariwisata hendaklah memiliki kompetensi guru diantaranya: 1) Kompetensi Pedagogik; 2) Kompetensi Kepribadian; 3) Kompetensi Profesional; 4) Kompetensi Sosial. Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, serta prilaku yang harus dimiliki serta dikuasai oleh calon guru dalam menjalankan tugasnya dengan professional. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Pariwisata Angkatan 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Pariwisata berjumlah 66 mahasiswa, yang telah mengontrak program penguatan professional kependidikan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar alat penilaian mahasiswa pada nilai rekapitulasi akhir mahasiswa di Learning Management System P3K di website www.sippp.upi.edu. Kategori penilaian terbagi menjadi empat yaitu penilaian rencana program pembelajaran (RPP), bahan ajar, laporan awal dan laporan akhir dengan skala likert untuk masing-masing penilaian terdiri dari (1) kurang baik; (2) Cukup; (3) Baik; dan (4) Sangat Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa P3K memiliki kompetensi sebagai calon guru dengan kriteria baik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v11i2.5510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)


