ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL X

Hari Iskandar

Abstract


Hotel X memiliki citra merek yang baik dimana dengan meningkatnya tingkat hunian kamar yang baik disetiap periode. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator brand image Hotel X terhadap keputusan tamu untuk menginap.. Metode kuantitatif digunakan sebagai metode penelitian, dan analisis data yakni regresi linear sederhana. Dimana uji penelitian ini menggunakan SPSS. Sampel yang diambil sebanyak 135 responden menggunakan metode non probabilty sampling, dengan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian berdasarkan uji t dari variabel brand image diantaranya dimensi brand identity, brand association, dan brand benefit and competence hipotesis diterima, yang berarti ketiga dimensi tersebut memilik pengaruh terhadap variabel Y, sedangkan kedua dimensi lainnya yaitu brand personality dan brand attitude and behaviour dimana hipotesis ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji F,  variabel X diuji secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji R2, diperoleh nilai sebesar 64,6%, dimana sebesar 64,6% brand image berpengaruh terhadap keputusan menginap di Hotel Aston, dan sisanya yaitu 35,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar X.

Kesimpulan yang bisa didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif dari brand image terhadap keputusan menginap sebesar 64,6% sedangkan 35,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Saran yang bisa diberikan adalah meningkatkan karakteristik dari service-nya, dan juga menjaga kamar agar sesuai dengan gambar yang ditampilkan, dari sisi brand attitude and behaviour dapat lebih memperhatikan fasilitas yang disediakan dalam kondisi normal, baik dalam bentuk makanan dan service diberikan secara profesional.

Kata Kunci: Merk, Citra, Hotel, Keputusan Menginap.


Keywords


Merk, Citra, Hotel, Keputusan Menginap.

Full Text:

PDF

References


Adiwidjaja, Adrian Junio., & Tarigan, Zeplin Jiwa Husada (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Skripsi. Surabaya : Fakultas Ekonomi. Universitas Kristen Petra.

Adiwiyah, S, R., & Wulandari, A. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Chatime. Skripsi. Bandung : Fakultas Menejemen Pemasaran. Universitas Telkom.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Pusat Statistika (2020). Jumlah akomodasi kamar dan tempat tidur yang tersedia pada hotel bintang menurut provinsi 2000-2018. Diakses pada 10 Februari 2020. 18.12 WIB. Dari https://www.bps.go.id/dynamictable/2015/12/28/1096/jumlah-akomodasi-kamar-dan-tempat-tidur-yang-tersedia-pada-hotel-bintang-menurut-provinsi-2000-2018.html

Bilson, Simamora. (2011). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ghozali. Imam. (2018). Aplikasi Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson

Irwansyah, Ruri Indra. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Menginap Kembali. Skripsi. Purwokerto : Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah.

Juwitasari, Amalia. (2014). Pengaruh Media Advertising Above The Line Terhadap Keputusan Menginap Di Aston Braga Hotel and Residence Bandung. Skripsi. Bandung : Fakultas Pendidikan Ilmu Pengatahuan Sosial. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kevin, S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian di Dunkin Donuts, Metro Permata, Tangerang. Jakarta. Skripsi. Prodi Hospitality dan Pariwisata.Universitas Bunda Mulia.

Kotler, P., & G. Armstrong. (2016). Principle of Marketing Edisi 15. Ebook: Pearson

Kotler,P., & Keller, Kevin L. (2013) Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, Hakam. (2016). Resort Di Kawasan Hutan Mangrove Rembang (dengan Penekananarsitektur Neo-Vernakular). Skripsi. Surakarta. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Marsiani, Ni Luh Gede. (2017). Pengaruh Tingkat Hunian Kamar Terhadap Pendapatan Makanan dan Minuman di Grand Aston Grand Bali Beach Resort. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas. Vol. 1, No. 2, 2-3.

Permana, Sandi Indra. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Ambassador Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Relic Syndicate. Skripsi. Bandung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pasundan.

Pontoh, Y.G. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser (Pevita Pearce) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Garnier BB Cream Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Skripsi. Lampung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung.

Pratiwi, Putri (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Hotel Aston Di Bandung. Skripsi. Administrasi Bisnis. Universitas Telkom.

Said, A. M. (2015). Mendidik Remaja Nakal. Jakarta: Semesta Hikmah.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sarwono, Jonathan. (2013). Statistik Multivariat Aplikasi Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sciffman, L. G. (2019). Consumer Behavior. Twelfth Edition. Harlow: Pearson Education Limited

Sekaran, Uma, & Roger Bougie (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach, 7th Edition. Ebook: Wiley

Siregar. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi Cetakan Ke-1. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2011). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Travel Kompas (2018, 02 Agustus). Sepotong Sejarah Hotel Indonesia, Dibangun Karena Asian Games. Diakses pada 03 Maret 2020, 13.45 WIB. Dari https://travel.kompas.com/read/2018/08/02/121500527/sepotong-sejarah-hotel-indonesia-dibangun-karena-asian-games?page=all

Zainudin, Ega Wibisono. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Brand Image (Citra Merek), Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Dengan Memperhatikan Kepuasan Konsumen di PT. Nusatara Surya Sakti Kedaton Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v6i2.2417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.