PEMANFAATAN BUBUK DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI SUBSTITUSI DARI TEPUNG TERIGU PADA PEMBUATAN LIDAH KUCING

Ira B. Hubner, Amelia Lindy, Nurintan Nurintan, Juliana Juliana

Abstract


Lidah kucing sebagai salah satu jenis camilan banyak diminati oleh masyarakat luas, karena memiliki rasa yang renyah dan manis. Lidah kucing menjadi kue kering yang sering disediakan pada hari raya seperti natal, hari raya imlek dan idul fitri. Peminatan dari lidah kucing tinggi dikarenakan pembuatan lidah kucing yang mudah dan menggunakan bahan dasar yang mudah ditemukan, sehingga pembuatan lidah kucing dapat diolah dengan mudah oleh masyarakat. Daun kelor atau moringa oleifera memiliki banyak manfaat karena nutrisi yang dikandung memilliki nilai gizi yang tinggi, akan tetapi tidak banyak orang mengetahui keberadaan dan khasiat dari daun kelor. Masyarakat di Indonesia biasanya mengkonsumsi daun kelor dengan cara menumis menjadi lauk pendamping nasi. Penggunaan daun kelor dalam pembuatan lidah kucing akan mempengaruhi rasa, aroma, warna, tekstur dan penampilan. Dalam pembuatan lidah kucing daun kelor ini akan divariasikan dengan beberapa rasa seperti lemon, cokelat, kopi, kelapa dan kayu manis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bubuk daun kelor dapat mensubstitusi penggunaan tepung terigu dalam pembuatan lidah kucing. Metoda yang digunakan adalah Uji Organoleptik dengan menguji mutu hedonic dan hedonik, dimana panelis menilai kualitas dan kesukaan terhadap rasa, aroma, tekstur, kerenyahan dan penampilan produk dengan menggunakan indra. Hasil dari penelitian ini membuktikan bubuk daun kelor dapat mengganti tepung terigu dalam pembuatan lidah kucing, dan diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat variasi camilan dengan rasa baru yang bermanfaat dan memiliki khasiat yang tinggi.

Kata Kunci: Bubuk Daun Kelor, Lidah Kucing, Substitusi, Tepung Terigu.


Keywords


Bubuk Daun Kelor, Lidah Kucing, Substitusi, Tepung Terigu.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aptindo. (2012). Artikel. Homepage on-line. Diakses dari http://aptindo.or.id/blog/.

Ayustaningwarno, F. (2014). Teknologi Pangan; Teori Praktis dan Aplikasi.

Bey, H. (2010). All Things Moringa, The Story of an Amazing Tree of Life.

Nurtinaningtyas, I., Herawati, & Tjaronosari. (2017). Kesesuaian Hidangan Yang Disajikan Dengan Diet Cfgf (Casein Free Gluten Free) Di Sekolah Khusus Anak Autis Permata Ananda.

Putra, B., Azizah, R. N., & Clara, A. (2019). Potensi Ekstrak Etanol Daun Kelor (Moringa oleifera L.) dalam Menurunkan Kadar Asam Urat Tikus Putih Potential of Moringa (Moringa oleifera L.) Leaves Ethanol Extract in Reducing Rat Uric Acid Levels. 2(2), 63–69.

Raharja. (2016). Dasar Pastry.

Rr. Bamandhita Rahma Setiaji. (2020). 6 Jenis Tepung Gluten Free Buat Anda yang Tak Bisa Mengonsumsi Gluten.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Method for Business (7th ed.). West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v6i2.2413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.