IMPLEMENTASI PROGRAM “LESS WASTE EVENT” PADA PELAKSANAAN INDONESIA OUTDOOR FESTIVAL 2020 OLEH CONSINA OUTDOOR SERVICES EVENT DI JAKARTA CONVENTION CENTER

Pradenja Ayuningtiyas, Anisatul Auliya

Abstract


A Program “Less Waste Event” mulai menjadi perhatian penyelenggara dan diaplikasikan pada kegiatan MICE. Tujuan dari penerapan program ini adalah mengantisipasi adanya produksi sampah yang berlebih serta bertanggung jawab atas keberlangsungan lingkungan. Acara Indonesia Outdoor Festival 2020 yang digelar oleh Consina Outdoor Services Event di Balai Sidang Jakarta Convention Center juga menjadikan Program “Less Waste Event” perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Program “Less Waste Event” dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan implementasi Program “Less Waste Event” pada acara tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian descriptive research dengan pendekatan case study dengan objek penelitian implementasi Program “Less Waste Event” pada pelaksanaan Indonesia Outdoor Festival 2020 oleh Consina Outdoor Services Event di Balai Sidang Jakarta Convention Center yang diselenggarakan pada 12 - 15 Maret 2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Implementasi Program “Less Waste Event” pada acara tersebut telah berjalan dengan baik karena seluruh metode pelaksanaan yaitu sebelum, saat, dan sesudah pelaksanaan acara telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman. Berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditentukan implementasi program dinilai sukses.

Kata Kunci: Industri MICE, Program “Less Waste Event”, Pengelola Acara.


Keywords


Industri MICE, Program “Less Waste Event”, Pengelola Acara.

Full Text:

PDF

References


Arowoshegbe, A.O. and Uniamikogbo Emmanuel. (2016). Sustainibility and triple bottom line: an overview of two interrelated concepts. Igbinedion University Journal of Accounting, 2, 88-126.

Getz, Donald and Stephen J. Page. (2016). Progress and prospects for event tourism research. Tourism Management, 52, 593-631.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2016). Pedoman Pengelolaan Sampah Pada Penyelenggaraan Acara.

Maryono, H. (2010). Menakar Kebijakan RSBI: Analisis Kritis Studi Implementasi. Yogyakarta: Magnum Pustaka.

Mulyadi, D. (2015). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfbeta.

Nawawi. (2003). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Noor, A. (2013). Manajemen Event. Bandung: Alfabeta.

Oxford Economics. (2018). Global Economic Significance of Business Events.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahir, A. (2014). Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v6i2.2412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.