ANALISIS IMPLEMENTASI BRAND IMAGE, SOCIAL E-WOM DAN CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN KEMBALI GOFOOD PADA APLIKASI GOJEK

Yandhi Prayuda, Arihta Tarigan

Abstract


Technological advancements in Indonesia have brought about new innovations on the internet, leading to the emergence of numerous startups, one of which is Gojek. Gojek is a startup that allows its users to order transportation and online food delivery services. This research employs a quantitative method by distributing online questionnaires via Google Forms and obtaining a total of 133 respondents who meet the research criteria. The data will then be processed using SmartPLS 3 software. The results of this study indicate that Brand Image and Social E-WOM have an effect on Repurchase Intention. And Content Marketing has no effect on Repurchase Intention.


Kemajuan teknologi di Indonesia telah menghadirkan inovasi baru pada internet yang membuat banyaknya startup yang hadir salah satunya Gojek. Gojek merupakan salah satu startup yang memungkinkan penggunanya untuk memesan transportasi dan online delivery food. Penelitian ini ,menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan media Google Forms dan mendapatkan sebanyak 133 responden yang telah memenuhi kriteria penelitian ini. Lalu selanjutnya data akan diolah menggunakan bantuan Software SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image dan Social E-WOM berpengaruh terhadap Minat Pembelian Kembali. Dan Content Marketing tidak berpengaruh terhadap Minat Pembelian Kembali.


Full Text:

PDF

References


Ali, R., Wahyu, F. R. M., Darmawan, D., Retnowati, E., & Lestari, U. P. (2022). Effect of Electronic Word of Mouth, Perceived Service Quality and Perceived Usefulness on Alibaba’s Customer Commitment. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 232–237. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1763

Alrwashdeh, M., Emeagwali, O. L., & Aljuhmani, H. Y. (2019). The effect of electronic word of mouth communication on purchase intention and brand image: An applicant smartphone brands in north Cyprus. Management Science Letters, 9(4), 505–518. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.1.011

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian.

Anusha, T., Sushma, N., Sai Rohit, M. B., & Akhil, A. (2020). Creating Financial Statements For Start-Ups. Shanlax International Journal of Arts, Science and Humanities, 8(1), 104–114. https://doi.org/10.34293/sijash.v8i1.2391

Aparicio, M., Costa, C. J., & Moises, R. (2021). Gamification and reputation: key determinants of e-commerce usage and repurchase intention. Heliyon, 7(3). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06383

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Ayu Pradisty, A., Anggraini, F., & Rafi Setiaji, M. (2024). Pengaruh Keterliban Konsumen Dan Penghargaan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Merek Dalam Komunitas Merek Uniqlo. Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi. http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca

carisinyal. (2024, April 23). 15 Aplikasi Ojek Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia. Listiorini. https://carisinyal.com/aplikasi-ojek-online/ Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan

pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211– 224.

Christy, C. C. (2022). FoMo di media sosial dan e-WoM: pertimbangan berbelanja daring pada marketplace. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 331– 357.

Cindy Mutia Annur. (2020). Pesan Makanan Online Jadi Pengeluaran Terbanyak Konsumen saat Pandemi. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/12/pesan-makanan- online-jadi-pengeluaran-terbanyak-konsumen-saat-pandemi

cnbcindonesia. (2022, May 18). Serius Deh, Sulit Sepertinya Hidup Tanpa Gojek.Cnbcindonesia.https://www.cnbcindonesia.com/market/20220517233218-17-339659/serius-deh-sulit-sepertinya-hidup-tanpa-gojek

Cung, F. G., Setianingsih, R., & Liaw Bunfa. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Kepuasan terhadap Niat Beli Ulang Pelanggan Shopee. Jurnal Manajemen, 12(2), 52–67. https://doi.org/10.46806/jm.v12i2.979

databoks.katadata. (2023, June 14). Kalahkan Singapura, Indonesia Rajai Jumlah Startup di AsiaTenggara. Cindy Mutia Annur. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/14/kalahkan- singapura-indonesia-rajai-jumlah-startup-di-asia-tenggara

Delvira Hutabarat. (2020). Oknum Driver Gojek Diduga Tipu Pemesan Go Food hingga Rp 9 Juta.https://www.liputan6.com/news/read/4153892/oknum-driver-gojek- diduga-tipu-pemesan-go-food-hingga-rp-9-juta?page=2

Eramahardika, N. M. E., & Pramudana, K. A. S. (2024). Pengaruh Content Marketing Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Eengagement Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Kopi Janji Jiwa).

Fahlevi, M., Syafira, A., Fidyanurhuda, K. I., & Nadia, N. (2023). The Influence of Social Media and EWOM on Generation Z’s Trust and Purchase Intentions at Coffee Shops. 2023 8th International Conference on Business and Industrial Research (ICBIR), 489–494.

Faisal Javier. (2021). GoFood Platform Pesan Antar Makanan Paling Banyak Digunakan. https://data.tempo.co/data/1295/gofood-platform-pesan- antar-makanan-paling-banyak-digunakan

food.detik. (2022, June 22). Riset: Tren Layanan Pesan-Antar Makanan Meningkat, GoFood Jadi Nomor 1. Dea Duta Aulia.

https://food.detik.com/berita-boga/d-6130873/riset-tren-layanan-pesan- antar-makanan-meningkat-gofood-jadi-nomor-1

Ghozali, I. (2021a). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021b). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2. 9 (3th Editio).

Hadi, B., & Shasrini, T. (2023). Communications Behavior Of GoFood Drivers Against Users Of Gojek Online Transportation Services In Pekanbaru City Perilaku Komunikasi Driver GoFood Terhadap Pengguna Jasa Transportasi Online Gojek Di Kota Pekanbaru Indonesia. Journal of Social and Economics Research, 5(1). https://idm.or.id/JSER/index.

Hapsara, V., Kimberly Darmawan, A., & Marselino, W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Pembelian Kembali Di Seporsi Mie Kari Alam Sutera. In Journal of Management and Social Sciences (Vol. 2, Issue 1).

Ihsan, M. N., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap minat beli ulang.

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 24(1), 170–176.

Iskandar, I., & Bernarto, I. (2021). The Influence of Website Design Quality, Perceived Value And E-Trust on Repurchase Intention on E-Commerce Beauty Haul. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5. https://jurnal.stie- aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Jannah, M. Z. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan. Kurniawan, J. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan

Perceived Value Terhadap Minat Pembelian Kembali di Eastwood Store Bandung.

Kuswati, R., Putro, W. T., Mukharomah, W., & Isa, M. (2021). The Effects of Brand Image on Consumer Loyalty: The Role of Consumer Satisfaction and Brand Trust as Intervening Variables. Urecol Journal. Part B: Economics and Business, 1(2), 58–71.

Liyono, A. (2022). Pengaruh brand image, electronic word of mouth (E- WOM) dan harga terhadap keputusan pembelian produk air minum galon crystalline pada PT. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73–91.

Nasta’in, A. F., Samad, A., & Sujatmiko, S. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Sosial Media Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Keputusan Pembelian Pada Bekind.Id. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 7(1), 38–52. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v7i1.211

Nastiti, R., Prayunda, D., Ika, N., Wardani, K., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). Analysis Of E-Trust And E-Wom On E-Loyalty For Tokopedia Users In Surabaya Analisis E-Trust Dan E-Wom Terhadap E- Loyalty Pada Pengguna Tokopedia Di Surabaya. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 5). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Nurliyanti, N., Arnis Susanti, A., & Hadibrata, B. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). 2(2). https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2

Octaviani, F. L., & Cahyadi, E. R. (2022). Persaingan Platform Digital Layanan Pesan-Antar Makanan di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.973

Octavira, A., Aribowo, H., & Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya, S. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gingersnaps Di Surabaya. Neraca Manajemen, Ekonomi, 7. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Pangesti, D. O., Alfatah, B. N., Hasanah, Y. P., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). Minat Pembelian Kembali : Pengaruh E-Trust Pada Pengguna Market Place Lazada. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 9(2), 2023.

Pangestu, Q. D., & Tranggono, D. (2022). Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Brand Image Disney+ Hotstar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Signal, 10(1), 124–138.

Panjaitan, F. B., Margaret, R., & Carolina, Y. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Budgetary Slack pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah di Propinsi Jawa Barat (Vol. 1, Issue 1). http://journal.maranatha.edu/Jafta

Puspita. (2020). Faktor-Faktor Pendorong Konsumen Surabaya Membeli Makanan Dan Minuman Melalui Aplikasi GoFood Dan GrabFood.

Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451

Riani, O., Wijayanto, G., & Riau, U. (2023). The Influence Of Brand Image And Celebrity Endorser On Brand Loyalty And Repurchase Intention Of Maybeline Product Consumers In Pekanbaru City Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Brand Loyalty Dan Repurchase Intention Pada Konsumen Produk Maybeline Di Kota Pekanbaru. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 1). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis.

Sakti Pradipta, B., Iswara Putra, R., & Kunci, K. (2022). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Repurchase Intention Pada Produk Alat Berat. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(02).

Saputri, Z. F., & Maisara, P. (2023). Analysis of trust factors, brand image, and promotions influencing customer loyalty to GoFood services in Solo Raya (Vol. 4).

So, K. K. F., Kim, H., & Oh, H. (2021). What Makes Airbnb Experiences Enjoyable? The Effects of Environmental Stimuli on Perceived Enjoyment and Repurchase Intention. Journal of Travel Research, 60(5), 1018–1038. https://doi.org/10.1177/0047287520921241

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan r & d.(M. Dr. Ir. Sutopo. S. PD., Ed.) Yogyakarta: ALFABETA.

Sutomo, M., Wanti, S., Ekonomi dan Bisnis, F., Tadulako, U., Program Studi Manajemen, D., & Artikel, S. (2023). Bridging: Journal of Islamic Digital Economic and Management Halaman | 283 Strategi Content Marketing Dalam Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram Out Of The Box Strategi Content Marketing Dalam Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram Out Of The Box Info Artikel Abstract. 1(1). https://journal.alshobar.or.id/index.php/bridging

Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2022). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement pada TESTOEFL. ID. Jurnal Ecoment Global, 7(2).

Tarigan, A., & Frangoulis, A. (2023). Pengaruh Effectiveness Dan Intuitiveness E-Wallet Gopay Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Gojek Bagi Kalangan Mahasiswa. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 226-242.

Tarigan, A., & Frangoulis, A. (2023). Pengaruh Effectiveness Dan Intuitiveness E-Wallet Gopay Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Gojek Bagi Kalangan Mahasiswa. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 226-242.

Teddy, A., Dinda, A., & Zuliestiana, S. E. (2020). Pengaruh Citra Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan

Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung The Influence Of Brand Image, Price, And Product Quality On Purchase Decisions Through GoFood Application In Bandung City




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v4i2.7428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id