PENGARUH VOUCHER GRAB UNLIMITED TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA UBM SERPONG DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI GRAB
Abstract
Grab merupakan layanan transportasi online yang sangat populer di Indonesia. Penelitian ini membahas pengaruh voucher diskon Grab Unlimited terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Bunda Mulia (UBM) Kampus Serpong dalam menggunakan aplikasi Grab. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah insentif voucher yang diberikan Grab dapat berdampak terhadap meningkatnya loyalitas pengguna. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menggunakan kuesioner kepada 102 mahasiswa UBM Serpong yang telah menggunakan aplikasi Grab dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji regresi linear sederhana. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua indikator valid dengan nilai r hitung lebih besar dari 0,3. Uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,898, yang menunjukkan data yang reliabel. Uji normalitas menggunakan Q-Q plot dan uji Skewness dan Kurtosis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji heteroskedastisitas dengan scatterplot menunjukkan tidak adanya gejala heteroskedastisitas. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian voucher Grab Unlimited dan loyalitas pengguna terhadap aplikasi Grab (p < 0,05). Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya strategi pemasaran berbasis voucher untuk meningkatkan loyalitas pengguna dalam aplikasi layanan transportasi online. Dengan begitu, perusahaan dapat memanfaatkan strategi pemberian voucher untuk mempertahankan loyalitas pengguna.
Full Text:
PDFReferences
About us. (n.d.). Grab ID. https://www.grab.com/id/about/
Ahdiat, A. (2022, December 18). Gojek vs Grab, Mana yang Konsumennya Lebih Banyak? | Databoks. Databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/08/gojek-vs-grab-mana-yang-konsumennya-lebih-banyak
Arisanty, D., & Farida, L. E. (2018). Perkembangan Layanan Transportasi Masyarakat di Era Digital (Studi tentang Ojek Online "GO-JEK” di Banjarmasin. in ProsidingSeminar Nasional ASBIS, 113-120.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS iEdisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, Philip, and Keller. (2016). Marketing Manajemen 15th Edition, Person Education, Inc
PDDikti. (n.d.). Pddikti.kemdikbud.go.id. Retrieved July 23, 2024, from https://pddikti.kemdikbud.go.id/detail-pt/PB1l5SVu5_LZF8dsTm7XG1R1TMst9nn-apvK6B4qd0Lvt1J_R-i-r5DnKI3gKPRIzDVw8w==
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, W. (2017). Implementation State Defense Values to Strengthen Border Community. Jurnal Pertahanan, 3(2), 163. https://doi.org/10.33172/jp.v3i2.221
Widjanarko, W., Saputra, F., & Hadita, H. (2023). Analisis Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan terhadap Voucher Gratis Ongkos Kirim E-Commerce Shopee Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 678–685. https://doi.org/10.31933/jimt.v4i5.1540
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v4i1.5994
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RECOMMENDED TOOLS
INDEXED BY
p-ISSN 2798-1819
e-ISSN 2798-0189
UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id