PENGARUH METODE PEMBAYARAN TRANSFER BANK, SHOPEE PAY, SHOPEE PAYLATER, CASH ON DELIVERY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM APLIKASI SHOPEE (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Marketplace di Kota Tangerang)

Steven Leonard, Arihta Tarigan

Abstract


Abstrak

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dampak pemilihan metode pembayaran transfer bank, shopee pay, shopee paylater,cash on delivery terhadap keputusan pembelian saat berbelanja secara daring melalui aplikasi Shopee oleh pengguna di Kota Tangerang. Dalam konteks ini, metode pembayaran dianggap sebagai variabel eksogen. yang memengaruhi keputusan pembelian, sedangkan keputusan pembelian dianggap variable endogen, sebagai hasil dari interaksi antara faktor-faktor tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Data dianalisis menggunakan analisis model luar, model dalam, dan pengujian hipotesis menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 100 responden yang telah berbelanja melalui aplikasi Shopee di Kota Tangerang sebanyak minimal dua kali. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan secara daring, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan situs web yang relevan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa metode pembayaran cash on delivery dan transfer bank memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ketika berbelanja secara daring melalui aplikasi shopee. Namun, Metode pembayaran shopeepay dan shopee pay later tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dalam konteks berbelanja online melalui aplikasi Shopee di Kota Tangerang.

Kata Kunci: Metode pembayaran, transfer bank, shopeepay, shopeepay later, cash on delivery.

 

Abstract

Abstract-This research was conducted to identify the impact of choosing the payment method bank transfer, shopee pay, shopee paylater, cash on delivery on purchasing decisions when shopping online via the Shopee application by users in Tangerang City. In this context, payment method is considered an exogenous variable. that influences purchasing decisions, while purchasing decisions are considered endogenous variables, as a result of the interaction between these factors. This research uses a quantitative approach with associative methods. Data were analyzed using outer model analysis, inner model analysis, and hypothesis testing using SmartPLS 3.0 software. The research sample was selected using a purposive sampling technique, consisting of 100 respondents who had shopped via the Shopee application in Tangerang City at least twice. Primary data was obtained through questionnaires distributed online, while secondary data was obtained from books and websites that were relevant to the problem under study. The results of this research indicate that cash on delivery and bank transfer payment methods have a significant influence on purchasing decisions when shopping online via the Shopee application. However, the shopeepay and shopee pay later payment methods do not have a significant influence on purchasing decisions in the context of online shopping via the Shopee application in Tangerang City.

Keywords: Payment methods, bank transfer, shopeepay, shopeepay later, cash on delivery.


Full Text:

PDF

References


Aisah, S. 2019. "Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Tenaga Pendidik Fakultas Ekonomi dan

Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung Menggunakan Layanan Electronic

Banking."

Albari, & Safitri, I. 2016. "The Influence Of Product Price On Customers' Purchasing Decisions."

Jurnal Review of Integrative Business and Economics Research, Vol. 7, No. 2.

Alwafi, F., & Magnadi, R. 2016. "Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi,

Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara

Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.com." Jurnal Diponegoro Journal Of Management,

Vol 5 No 2.

Amelia, M. 2017. "Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Café

Coffe Time Kopo Bandung."

Antinoja, R., & Scherling. 2019. "The Effects of E-payment Methods on Online Purchasing

Cancellation - An Empirical Study on Swedish Consumers’ Perception of Trust and Security

in Epayments."

Ardianti, A., & Widiartanto. 2019. "Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating

Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif

FISIP Undip)."

Arpan, Y., & Ambarwati, S. 2017. "Analisis Impuls Buying Dalam Berbelanja Online (Studi Pada

Mahasiswa STIE Gentiaras Bandar Lampung)." Jurnal GEMA, Vol. 9 No 2.

Arsyani, A. 2019. "Pengaruh Potongan Harga Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumen (Studi

Empirik pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas

Negeri Makassar)."

Chowdhury, E., & Chowdhury, R. 2017. "Online Shopping In Bangladesh: A Study on The

Motivational Factors For Ecommerce That Influence Shopper’s Affirmative Tendency

Towards Online Shopping."

Fadhilah, C. 2019. "Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Generasi

Millenial pada Platform E-Commerce Tokopedia di Kota Palembang."

Fauzi, A. 2017. "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap

Gramedia Pustaka Utama.

Haniscara, N.A., & Saino, S. 2021. "Pengaruh Online Customer Review dan Tagline Terhadap

Keputusan Pembelian Produk Fashion di Marketplace Shopee sebagai Variabel Intervening:

Studi pada Generasi Muda Surabaya." J. Sains Sosio Hum.

Istanti, F. 2018. "Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja, dan E-promosi Terhadap

Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya." J. Bisnis Teknol. Politek. NSC.

Kasmir, S.E. 2015. Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Prenada Media.

Tjiptono, F. 2019. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler, H. Kartajaya, and I. Setiawan. 2019. Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital.

Kumudha, A., & Lakshmi, K.K. 2016. "Digital Marketing: Will the Trend Increase in the PostDemonetization Period?" Quest Journals Journal of Research in Business and Management,

(10), 94-97.

Liao, S.H., Chu, P.H., Chen, Y.J., & Chang, C.C. 2012. "Mining customer knowledge for exploring

online group buying behavior." Expert Systems with Applications, 39(3), 3708-3716.

Lu, B., Fan, W., and Zhou, M. 2016. "Social presence, trust, and social commerce purchase intention:

An empirical research." Comput. Human Behav., vol. 56, pp. 225–237.

Rahayu, H., Sismanto, A., & Arianto, T. 2020. "The Effect Of Prices, Product Reviews, Ease Of Use,

And Security Of Transactions On Purchasing Decisions Online In Shopee." J. Bima

(Business, Manag. Accounting).

Sudjatmika, F.V. 2017. "Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap

keputusan pembelian secara online di Tokopedia.com." Agora, vol. 5, no. 1.

Sugiarti, D.I., & Iskandar, R. 2021. "Pengaruh Consumer Review Terhadap Keputusan Pembeli

Terhadap Toko Online Shopee." J. Sos. Teknol.

Tarigan, A., & Frangoulis, A. (2023). Pengaruh Effectiveness Dan Intuitiveness E-Wallet Gopay

Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Gojek Bagi Kalangan Mahasiswa. Ultima

Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 226-242.

Widanengsih, E., & Yusuf. 2022. "Penerapan Model Technology Acceptance Model Untuk Mengukur

Adopsi Penggunaan Aplikasi Pembukuan Akuntansi Dan Keuangan Rumah Tangga." J.

Akunt. dan Manaj. Bisnis.

Willemson, R., Abraham, J., & Welje, R.V. 2016. India B2C E-Commerce Report 2016. Amsterdam:

Ecommerce Foundation.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v3i1.5221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id