PENGARUH KONTEN SOSIAL MEDIA MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEE

Michael Pang, Arihta Tarigan

Abstract


Aplikasi TikTok, sebuah platform media sosial dan memungkinkan pengguna membuat video singkat dengan berbagai macam fitur kreatif dan fitur perdagangan seperti musik, filter, TikTok Shop, dan lainnya. TikTokShop merupakan fitur yang disediakan oleh TikTok untuk memudahkan pengguna dalam berdagang melalui media sosial media. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jenis-jenis konten dalam promosi, fenomena penutupan TikTok Shop yang dikarenakan oleh perizinan dan munculnya brand-brand yang mempromosikan produk lewat konten sosial media pada aplikasi TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konten sosial media marketing pada aplikasi TikTok terhadap keputusan pembelian Shopee. Penelitian ini menggunakan motede pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini konten-konten sosial media mempengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian dan konten-konten tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian yang dimediasi oleh TikTok.

Kata Kunci: TikTok, Keputusan Pembelian, konten informatif, konten kreatif, konten Interaktif

The TikTok app, a social media platform and allows users to create short videos with a variety of creative features and trading features such as music, filters, TikToc Shop, and more. TikTokShop is a feature provided by TikToks to make it easier for users to trade through social media. The research has been undermined by the numerous types of content in the promotion, the phenomenon of the closure of TikTok Shop due to licensing and the emergence of brand-brands that promote products through social media content on the tikTok app. This study aims to look at the impact of social media marketing content on the TikTok application on Shopee's purchasing decisions. The study uses a method of describing quantitative research approach. The results of this study are that social media content has a significant impact on the purchase decision and that content has no significant influence on the purchasing decision mediated by tikTok.

Keywords: TikTok, Purchase Decision, Informative Content, Creative Content, Interactive Content


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v3i1.5219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id