PENGARUH PROMOSI, GAMIFIKASI, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI APLIKASI SHOPEE

Adrian Jeremiah, Arihta Tarigan

Abstract


Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis pengaruh promosi, gamifikasi, dan kemudahan penggunaan terhadap loyalitas pelanggan di aplikasi Shopee. Karena persaingan di industri e-commerce yang semakin ketat di era digital, sangat penting untuk memahami komponen yang memengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survei yang disebarluaskan kepada pengguna aplikasi Shopee. Hasil analisis data menguji hipotesis melalui regresi berganda. Jenis promosi yang ditawarkan menentukan promosi, fitur permainan dalam aplikasi menentukan gamifikasi, dan antarmuka pengguna yang sederhana dan navigasi yang mudah menentukan kemudahan penggunaan. Loyalitas pelanggan diukur melalui kecenderungan untuk melakukan pembelian ulang dan rekomendasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kita tentang komponen yang memengaruhi kesetiaan pelanggan pada platform ecommerce. Penelitian ini dapat membantu manajemen Shopee meningkatkan daya saingnya di pasar e-commerce dengan mengoptimalkan strategi promosi mereka, meningkatkan aspek gamifikasi, dan memperbaiki tata letak antarmuka pengguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

 

Kata Kunci: Promosi, Gamifikasi, Kemudahan Penggunaan, Loyalitas Konsumen, Aplikasi Shopee

 

Abstract

 

               The aim of this study is to discover and analyze the influence of promotion, gamification, and user-friendliness on customer loyalty in the Shopee application. Due to the increasingly competitive nature of the e-commerce industry in the digital era, understanding the components that affect customer loyalty is crucial. This research adopts a quantitative approach using a survey method distributed to Shopee application users. The results of data analysis test hypotheses through multiple regressions. The types of promotions offered determine promotion, in-app gaming features determine gamification, and a simple user interface and easy navigation determine user-friendliness. Customer loyalty is measured through the tendency to make repeat purchases and recommendations. The findings of this study are expected to enhance our understanding of the components influencing customer loyalty on ecommerce platforms. This research can assist Shopee management in improving its competitiveness in the ecommerce market by optimizing their promotion strategies, enhancing gamification aspects, and improving the layout of the user interface to enhance the user experience.

 

Keywords:  Promotion, Gamification, User-Friendliness, Customer Loyalty, Shopee Application.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v3i1.5216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id