PROMOSI PARIWISATA DI TENGAH DINAMIKA ISU GLOBAL: DAMPAK PANDEMIK VIRUS CORONA TERHADAP KONVERSI KAMPANYE PROMOSI PARIWISATA KOTA MANADO DI MEDIA SOSIAL

Diana Maramis, Vekky Supit, Agung Stefanus Kembau

Abstract


Pendemi virus corona tidak hanya mendistrupsi seluruh aktivitas perekonomian, namun juga secara signifikan berdampak pada kondisi sosial masyarakat. Ancaman virus corona tersebut telah menimbulkan reaksi berantai atau efek domino pada sektor pariwisata, termasuk juga pada sektor-sektor penunjang pariwisata, seperti hotel dan restoran, penerbangan maupun pengusaha retail dan UMKM. Pra pandemi virus corono, Provinsi Sulawesi Utara menjadi salah daerah yang sangat menonjol dalam mengembangan destinasi wisatannya. Agresivitas promosi pariwisata bersamaan dengan dibukannya sejumlah jalur penerbangaan luar negeri secara langsung meningkatkan peluang potensi peningkatan pariwisata. Kota Manado merupakan dearah yang sangat fokus mengembangkan sejumlah destinasi wisatanya. Kota Manado berkontribusi besar dalam cakupan layanan pariwisata di daerah Sulawesi Utara. Pemerintah perlu menyiapkan sejumlah langkat tanggap dan adaptif untuk melakukan konversi promosi pariwisata sehingga capaian pertumbuhan yang selama ini diraih tidak hilang begitu saja. Jenis penelitian adalah studi kasus. Dampak pandemik virus corona secara spesifik diarahkan dalam hubungannya dengan pariwisata di Kota Manado. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan mengunakan analisis kualitatif, sementara pengambilan data berupa wawancara yang secara terbatas hanya akan dilakukan pada 3 narasumber di jajaran Pemerintah Kota Manado. Hasilnya kami menemukan bahwa Konversi promosi pariwisata di media sosial yang dilakukan oleh pemkab Kota Manado sebagai langkah adaptif di tengah promosi pariwisata di media sosial mengunakan strategi storynomic tourism diharapkan akan menjadi gaya baru dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu dengan pendekatan teknik bercerita dalam sebuah konten promosi. 

Kata Kunci: Promosi Media Sosial, Promosi Pariwisata, Pengembangan Pariwisata

 

The corona virus pandemic has not only disrupted all economic activities, but also has a significant impact on the social conditions of the community. The threat of the corona virus has caused a chain reaction or a domino effect in the tourism sector, including also in the tourism support sector, such as hotels and restaurants, airlines as well as retail entrepreneurs and MSMEs. Pre-corono virus pandemic, North Sulawesi Province became one of the most prominent areas in developing its tourist destinations. The aggressiveness of the promotion simultaneously with the opening of a number of foreign flights directly increases the potential for improvement. The city of Manado is an area that is very focused on developing the number of tourism. The city of Manado contributes greatly to the coverage of tourism services in the North Sulawesi area. The government needs to set a number of promotions to respond and adapt to convert so that the growth achievements achieved do not just disappear. This type of research is a case study. The impact of the corona virus pandemic is specifically directed in relation to tourism in the city of Manado. This research is descriptive using qualitative analysis, while data collection in the form of limited interviews will be carried out on 3 sources in the ranks of the Manado City Government. As a result, we found that the conversion of tourism promotion on social media carried out by the Manado City government was expected to become a new style in tourism promotion and the creative economy, namely by using storytelling techniques in a promotional campaign.

Keywords: Social Media Promotion, Tourism Promotion, Tourism Development


Full Text:

PDF

References


Budiyanti, E. (2020). Dampak Virus Corona Terhadap Perekonomian dan Pariwisata di Indonesia. Info Singkat. Vol. XII, No.4/II/Puslit/Februari/2020.

Detik.com (2020). https://news.detik.com/berita/d-4959881/pernyataan-lengkap- jokowi-tetapkan-status-darurat-kesehatan-karena-corona. Diakses tanggal 31 Maret 2020.

Edmiston, D. (2009), “An Examination of Integrated Marketing Communications in US Public Institutions of Higher Educations,” International Journal of Educational Advancement, Vol 8, 3/4, pp 152–175.

Faizun, Moh. 2009. Dampak Perkembangan Kawasan Wisata Pantai Kartini Terhadap Masyarakat Setempat di Kabupaten Jepara. Tesis Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang

kawalcovid19.id, (2021). Jumlah Kasus di Indonesia saat ini. https://kawalcovid19.id/ Diakses tanggal 25 April 2021

Kaplan, Andreas and Michael Haenlein. (2012), “Social Media: Back to The Roots and Back to The Future”,Journal of System and Information Technology, Vol. 14, No. 22, pp 101-104.

Kotler, Philip and Keller. (2012), Marketing Management, Prentice Hall, 14th Edition, hal. 498.

Kemenpar. (2018). Rencana Strategis 2018-2019. Kementrian Pariwisata. http://www.kemenparekraf.go.id/post/rencana-strategis-2018-2019- kementerian-pariwisata. Diakses tanggal 7 Maret 2020.

Kemenkes. (2020) Tentang Nover Corona Virus. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/COVID- 19/TENTANG%20NOVEL%20CORONAVIRUS.pdf Diakses tanggal 7 Maret 2020.

Hadinoto, Kusudianto. 1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: UI Press

Huang and Hsu. (2009), “Effect of Travel Motivation, Past Experience, Perceived Constraint, and Attitude on Revisit Intention”, Journal of Travel Research, Vol. 48, No. 1, August 2009, pp. 29-44.

I Gede Pitana., (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi

Jones, Brian. (2010), “Entrepreneurial Marketing and the Web 2.0 Interface, Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship”, Vol. 12, No. 2, pp 143-152

Pearce, D. 1981. Tourist Development. New Zealand : University of

Cantenbury; miege, j . 1933. La vie touristique en savoie, revue de geographie alpine, 23, 749- 817 and 1934, 24, 5-213 ; Miossec, j.m. (1976) elements pour une theorie de l’espace touristique, les cashiers du tourisme, c-36, chet, aix-en-province.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v1i2.3244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id